detikhealth

Lengan Bayi 8 Bulan yang Putus Dipotong Neneknya Berhasil Disambung

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 27/06/2012 14:36 WIB
(Dok: Dailymail)
Shandong, China, Sungguh malam nasib bayi ini, disaat baru 8 bulan menikmati hidup ia harus kehilangan kedua lengannya akibat ulah sang nenek. Beruntung dokter berhasil menyambung kedua lengan tersebut.

Insiden ini terjadi ketika sang nenek diminta merawat bayi perempuan kecil ini karena kedua orangtuanya tengah bekerja di Provinsi Shandong, China. Namun saat menjaga bayi ini, sang nenek justru melakukan tindakan mengerikan dengan memotong kedua lengan bocah kecil ini.

Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti apa motif yang membuat sang nenek tega melakukan hal tersebut, ini karena si nenek masih dalam kondisi koma setelah kejadian itu akibat ia mencoba untuk bunuh diri.

Kala kejadian itu ada tetangga yang melihat seorang ibu menggendong anaknya untuk menuju rumah sakit. Ia melihat sang ibu baru sekitar 10 menit masuk ke dalam rumah lalu keluar lagi sambil memegang bayinya yang berlumuran darah.

Beruntung bayi kecil ini segera dilarikan ke rumah sakit dan dokter langsung melakukan operasi selama 12 jam untuk mencoba menyatukan kembali kedua lengan kanan dan kiri si bayi, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (27/6/2012).

Orangtua dan para dokter berharap operasi yang dilakukan ini berhasil, meskipun nantinya bayi mungil ini masih membutuhkan prosedur lebih lanjut untuk bisa mengembalikan fungsinya secara utuh.

Operasi penyambungan organ tubuh yang terputus bisa dilakukan jika potongan organ ini bersih dan baik, serta masih ada pembuluh darah yang bisa disambung agar darah dapat mengalir ke jaringan tersebut.

Selain itu bagian tubuh yang terputus harus dijaga agar jaringan tersebut tetap baik dan tidak rusak sehingga sel-sel bisa bertahan hidup meski pasokan nutrisi dan oksigen berhenti sementara.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit