detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG

Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG (Endodontist), adalah Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Gigi Ada Kista, Bisakah Sembuh Tanpa Dicabut?

Rabu, 27/06/2012 14:51 WIB
(Foto: thinkstock)
Selamat siang dok, saya punya masalah dengan gigi bagian depan. Kata dokter gigi saya ada kista di ujung gigi dan harus dicabut ketiga gigi depan bagian bawah, akibat pernah terbentur benda pada saat SMP. Gejalanya kadang suka keluar nanah sedikit dari gusinya bagian depan bawah.

Apakah bisa dilakukan perawatan tanpa harus dicabut, mengingat giginya ada di bagian depan, bagian tengah yang putih bekas perawatan yang akan dicabut tengah kanan dan kirinya. Terimakasih atas konsultasinya berikut saya lampirkan hasil rontgen.

Hadi W (Pria Menikah, 41 tahun), bangunXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 165 cm dan Berat Badan 70 kg

Jawaban

Prinsip perawatan modern sekarang adalah pertahankan gigi aslinya sebanyak mungkin. Nah, mengenai kista atau penyakit lain seperti di rontgen foto bapak harus di cek PA atau Lab dulu.

Tapi saya sarankan coba bapak mencari dokter gigi spesialis Endodontik atau Konservasi Gigi (Sp.KG) untuk dilakukan perawatan saraf giginya. Saya yakin dengan perawatan yang teratur dan baik akan menghilangkan gambaran hitam yang tampak di foto rontgen gigi bapak serta nanahnya dan yang pasti giginya masih bisa dipertahankan dengan baik tanpa dicabut.

Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG (Endodontist)
Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.





(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit