detikhealth

Ulasan Khas

Orang-orang yang Sedang Berjuang Melawan Kanker

AN Uyung Pramudiarja,Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 27/06/2012 15:01 WIB
Halaman 1 dari 4
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Kena penyakit kanker bukan berarti lantas menganggap bahwa dunia akan berakhir. Kanker bisa diobati dengan terapi yang tepat dan pasien mau disiplin menjalani pengobatan. Pengobatan kanker memang membutuhkan waktu yang lama dan menguras tenaga.

Banyak pasien kanker yang tetap memiliki semangat dalam melawan kanker yang diderita. Banyak pula kisah yang terjadi dalam upaya mencari kesembuhan dari kanker. Beberapa kisah yang berhasil dihimpun detikHealth, Rabu (27/6/2012) antara lain:

1. Curiga Kena Kanker Serviks Karena KB
Zubaedah (58 tahun) asal Bogor mengidap kanker serviks stadium III. Ia baru menyadari gejala penyakitnya tahun 2011 lalu. Awalnya ia melihat sering keluar darah dari vagina secara tidak teratur dan terkdang disertai keputihan.

Berdasarkan pemeriksaan RS PMI Bogor, dokter menemukan bahwa penyebabnya adalah kanker. Zubaedah pun segera dirujuk ke RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Sampai saat ini, sudah 3 bulan ia menjalani pengobatan di RSCM.





Zubaedah mencurigai kankernya ini disebabkan oleh suntik KB yang sering ia lakukan. Namun dokter yang memeriksa sendiri menurutnya tidak mengetahui apa pastinya penyebab kanker yang ia derita.

Ketika ditemui di Rumah Singgah pasien kanker binaan CISC di bilangan Paseban, kondisinya sangat lemas, kurus dan kulitnya sangat keriput. Menurut penuturan putri kandung yang merawatnya, berat badan Zubaedah menyusut dari 70 kg menjadi 48 kg.Next

Halaman 1 2 3 4
(pah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit