detikhealth

Ulasan Khas

Pengobatan Medis yang Standar dan Moderen untuk Kanker

Rahma Lillahi S,Putro Agus H - detikHealth
Rabu, 27/06/2012 15:37 WIB
Halaman 1 dari 4
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Berbagai teknik pengobatan kanker sudah ditemukan oleh para ilmuwan. Jenis pengobatan yang diberikan disesuaikan dengan jenis kanker yang dimiliki pasien dan tingkat keparahan kanker. Umumnya, dokter tidak hanya memberikan satu jenis pengobatan saja, melainkan mengkombinasikan beberapa teknik pengobatan demi kesembuhan dan perbaikan kondisi pasien.

"Pengobatan kanker pada saat ini memang belum mencapai pada tahap yang memuaskan. Pengobatan-pengobatan kanker yang ada juga terkadang menyebabkan kerusakan atau gangguan hormon sehingga bisa menyebabkan pasien meninggal, kita tidak bisa tutup mata akan hal itu. Namun berbagai cara tetap diupayakan agar dapat meningkatkan kualitas hidup pasien," kata Dr dr Andhika Rachman, SpPD, dokter ahli kanker dari RS Kanker Dharmais seperti dituturkan kepada detikHealth, Rabu (27/6/2012).

Secara umum, beberapa metode pengobatan untuk mengatasi kanker adalah sebagai berikut:

1. Operasi
Cara paling klasik untuk mengatasi kanker adalah dengan operasi, yaitu mengambil semua jaringan yang sifatnya ganas dari lingkungan yang sifatnya normal. Tindakan ini hanya dapat dilakukan pada kanker tertentu yang terlokalisasi di satu tempat dan belum menyebar.

Operasi juga dapat dilakukan untuk mengontrol gejala kanker. Misalnya pada kasus kanker usus besar di mana tumor tidak selalu dapat diangkat, dokter harus melakukan operasi untuk membuat saluran di usus agar cairan atau kotoran bisa keluar.

2. Radiasi
Radiasi dilakukan dengan cara menyinari tempat tertentu yang banyak mengandung sel kanker dengan radiasi sinar-X, sinar gamma atau elektron khusus. Pengobatan yang ini sifatnya lokal dan sulit diterapkan pada kanker yang sudah mengalami metastasis atau penyebaran. Radiasi juga hanya bisa dilakukan dalam paket-paket kecil sebab jika langsung diberikan dalam jumlah banyak dapat merusak sel-sel yang masih sehat di sekitarnya.

3. Kemoterapi
Kemoterapi diberikan untuk mengobati kanker yang sudah menjalar dan membantu terapi radiasi. Banyak dokter bisa melakukan kemoterapi, tapi yang paling penting adalah menangani pasien pasca kemoterapi. Setelah menjalani kemoterapi, pasien banyak mengalami efek samping yang sulit dikendalikan. Misalnya mual-mual, rambut rontok dan diare.Next

Halaman 1 2 3 4
(pah/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit