detikhealth

Ulasan Khas

Kisah Orang-orang yang Berhasil Melawan Kanker

Merry W, Linda M - detikHealth
Rabu, 27/06/2012 16:00 WIB
Halaman 1 dari 7
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Kanker memang bukan penyakit yang mudah untuk disembuhkan, namun bukan berarti tak ada peluang untuk sembuh. Semakin dini kanker terdeteksi, maka peluang untuk sembuh pun semakin besar. Setidaknya ada beberapa kisah sukses orang-orang yang menang melawan kanker, yang dapat dijadikan contoh.

Penyakit kanker tidak selalu berujung dengan kematian. Hal tersebut tergantung besarnya keinginan si penderita untuk tetap bertahan dan dukungan yang besar dari keluarga. Berikut cerita dari penderita kanker yang dengan gigih berusaha untuk terbebas dari kanker.

1. Zainudin, survivor kanker laring

Salah satunya adalah Zainudin (39 tahun). Ia didiagnosis kanker laring (kotak suara) karena menjadi korban rokok. Zainudin bukanlah penggila rokok melainkan perokok pasif yang jadi korban asap rokok.

Zainudin pernah menghisap rokok namun hanya sesekali demi penghormati teman-temannya. Namun ia tidak terpengaruh oleh candu rokok karena sama sekali tidak merokok ketika di rumah atau melakukan aktivitas lain.

Malangnya, ia menjadi korban asap rokok orang lain dan didiagnosis menderita kanker laring (kotak suara) pada Desember 1995. Tak ingin menunggu lama, ia segera memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan pita suara pada Februari 1996.

Alhasil, kini terdapat lubang di leher Zainudin. Bila berbicara, suaranya terdengar seperti robot dan ada hembusan udara yang keluar dari lubang tersebut. Hembusan tersebut akan terlihat jelas ia menggunakan penutup leher seperti sapu tangan.Next

Halaman 1 2 3 4 5 6 7
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit