detikhealth

Sukses Turunkan 70 Kg Berat Badan Hanya dalam Waktu 9 Bulan

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 28/06/2012 08:33 WIB
Sukses Turunkan 70 Kg Berat Badan Hanya dalam Waktu 9 BulanBelmond (dok. asiaone)
Jakarta, Kebanyakan orang yang berpapasan dengan Belmond Lee bisa jadi kini sudah tak mengenalinya lagi. Bukan karena tampangnya berubah, melainkan bobot tubuhnya yang turun secara drastis. Dalam waktu 9 bulan saja, ia sudah berhasil menurunkan berat badan hingga 70 kg lebih.

Dua tahun lalu, jarum di timbangan Belmond Lee sudah mencapai angka 146 kg. Dengan tinggi 1,82 m, membuat indeks massa tubuhnya mencapai 44 yang mengindikasikan bahwa ia sudah tergolong obesitas.

Sejak kecil Belmond selalu bertubuh besar, sama seperti orangtunya. Dari seluruh keluarganya, hanya adiknya yang memiliki berat badan normal.

Pada usia 19 tahun saja, ia sudah menderita sakit intens di punggung dan lutut, yang disebabkan karena kelebihan berat badan yang dialaminya.

Putus asa untuk menurunkan berat badan, ia pun mengikuti instruksi dokter untuk mengikuti program penurunan berat badan yang mengharuskannya untuk makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak, sambil minum obat penurunan berat badan.

Dia pun tetap aktif di sekolah, ikut serta dalam kegiatan olahraga seperti menembak. Namun ia hanya dapat menurunkan 5 kg berat badannnya, tidak lebih.

Saat itulah ia membuat keputusan yang mengubah hidupnya. Belmond memutuskan untuk mengambil tindakan sesuai saran dokter untuk melakukan operasi penurunan berat badan.

Dia mengaku sempat merasa takut, tetapi memutuskan untuk mengambil lompatan untuk hidup yang lebih sehat, bahkan jika itu berarti mengorbankan sesuatu.

Belmond memilih untuk melakukan sleeve gastrectomy, yaitu operasi minimal invasif di mana sebagian besar perutnya dipotong, meninggalkan lambung seukuran dan berbentuk seperti pisang.

Kondisi ini berarti Belmond tak bisa lagi makan dalam porsi besar. Dan hanya dalam waktu sembilan bulan, berat badannya pun turun drastis lebih dari 71 kg, seperti dilansir asiaone, Kamis (28/6/2012).

Dan lebih dari setahun kemudian, ia telah mempertahankan berat badannya yang langsing. BMI (indeks massa tubuh) pun sudah turun menjadi 22,6, yang merupakan BMI sehat.

Kini pakaian lamanya sudah tidak muat lagi. Namun dengan ukuran yang lebih kecil, ia mengatakan lebih mudah untuk berbelanja mencari pakaian dengan ukuran baru.

Dengan ukuran lambung yang baru, pada awalnya Belmond merasa kesulitan karena ia harus tetap berpegang pada diet lunak. Ia pun tidak bisa makan dengan cara cepat.





(mer/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close