detikhealth

Berapa Warga Harus Iuran untuk Dapat Jaminan Kesehatan 2014?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 29/06/2012 13:45 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Mulai tahun 2014 nanti Indonesia akan memiliki jaminan kesehatan semesta atau universal health coverage. Lalu berapa biaya iuran yang harus dikeluarkan untuk jaminan kesehatan ini?

"Premi sudah dihitung oleh beberapa pihak, intinya mulai range 19.000-27.000 per orang per bulan, tapi ini belum final masih membutuhkan koordinasi lagi dengan menteri-menteri yang berwenang," ujar Wamen Kesehatan Prof dr Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD dalam acara temu media di Gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (29/6/2012).

Prof Ali Ghufron menjelaskan berdasarkan pengalaman selama ini, data-data askes, jamsostek, jamkesmas dan dihitung-hitung maka ditemukan range iuran tersebut, meski sebetulnya belum diputuskan.

Iuran ini hanya diperuntukkan bagi PBI (Penerima Bantuan Iuran) yaitu masyarakat yang masuk kategori miskin, hampir miskin dan tidak mampu yang mana biaya ini akan dibayarkan oleh pemerintah.

Sedangkan pada orang yang memiliki memiliki pekerjaan atau upah maka iurannya sebesar 5 persen dari jumlah gajinya yang mana 3 persen iuran dibayar oleh pemberi kerja sedangkan 2 persennya dibayar oleh pekerja.

"Tapi ini belum diputuskan, kalau nanti ternyata iuran tersebut tidak cukup maka bisa jadi dinaikkan. Tapi ke depannya masyarakat diharapkan turut memonitor karena itu adalah uang bersama," ungkapnya.

Prof Ali Ghufron menuturkan nanti akan ada dewan pengawas untuk memonitor kegiatan ini, dewan pengawas ini merupakan organisasi terpisah dan tidak dibawah kementerian kesehatan.

Selain itu untuk masyarakat yang sudah memiliki asuransi swasta, dihimbau tidak perlu khawatir karena BPJS dimaksudkan untuk mencakup layanan kesehatan dasar. Sedangkan masyarakat yang memiliki asuransi swasta dapat memilih berobat ke rumah sakit lain yang lebih sesuai dengan kemampuan finansialnya.

Nantinya peserta akan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan yang menandatangani prejanjian kerja sama dengan BPJS. Untuk bisa bekerja sama maka ada syaratnya yaitu mengikuti prinsip dalam menjaga mutu pelayanan kesehatan dan standar terpenuhi.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit