Kafein Tingkatkan Kekuatan Otot Kakek Nenek
Sabtu, 30/06/2012 09:53 WIB
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Berita Lainnya
Jakarta, Kakek nenek sebaiknya beristirahat saja di rumah, itu anggapan para kaum muda jika melihat lansia. Lansia dinilai lembek dan lemah karena berkurangnya massa otot dan tulang. Ada ramuan sederhana yang membikin kekuatan otot lansia tetap fit, yaitu kopi. Penelitian menemukan bahwa minum kopi dapat meningkatkan kekuatan otot-otot tua.
Seiring bertambahnya usia, otot-otot lansia secara alami berubah dan melemah. Akibatnya, aktifitas sehari-hari jadi terganggu dan lebih sulit dikerjakan. Menurut peneliti, kafein bisa membantu mempertahankan kekuatan lansia serta memperkecil kemungkinan terjatuh dan cedera.
Dalam pertemuan Society for Experimental Biology, para ilmuwan di Universitas Coventry menjelaskan bahwa kafein membantu otot menghasilkan kekuatan lebih. Untuk pertama kalinya, kafein ditemukan mampu meningkatkan kekuatan otot lansia lewat penelitian pada tikus.
Kafein adalah zat stimulan yang banyak ditemukan dalam kopi dan minuman ringan. Para ilmuwan memfokuskan penelitiannya pada 2 otot yang berbeda, yaitu diafragma, otot yang digunakan untuk bernapas dan ekstensor digitorum longus, otot kaki yang digunakan untuk bergerak.
Peneliti menemukan bahwa kafein mampu meningkatkan kinerja pada 2 otot tersebut. Efek ini tidak terlihat pada anak-anak dalam masa perkembangan. Zat stimulan tersebut mampu memperkuat otot-otot pada tikus tua, tetapi efeknya kurang terlihat pada tikus dewasa yang masih fit.
"Meskipun efeknya kurang pada tikus dewasa, kafein nampaknya masih bermanfaat meningkatkan kinerja otot. Dengan menjaga gaya hidup yang aktif secara fisik, manfaat kafein dalam meningkatkan performa ini bisa terbukti pada populasi yang lebih tua," kata peneliti, Jason Tallis, seperti dilansir Medical Daily, Sabtu (30/6/2012).
Konsumsi kafein telah ditemukan dapat meningkatkan proses berpikir dan meningkatkan kemampuan daya ingat di kemudian hari. Namun dosisnya harus diperhatikan dengan seksama. Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan tubuh membuang kalsium, nutrisi yang penting bagi kekuatan tulang.
Kafein juga telah ditemukan dapat meningkatkan tekanan darah. Maka, beberapa dokter merekomendasikan kopi sebaiknya diminum paling banyak 2 gelas per hari. Pada pasien hipertensi, asupan kopinya perlu diperhatikan dengan lebih teliti.
(pah/ir)
Seiring bertambahnya usia, otot-otot lansia secara alami berubah dan melemah. Akibatnya, aktifitas sehari-hari jadi terganggu dan lebih sulit dikerjakan. Menurut peneliti, kafein bisa membantu mempertahankan kekuatan lansia serta memperkecil kemungkinan terjatuh dan cedera.
Dalam pertemuan Society for Experimental Biology, para ilmuwan di Universitas Coventry menjelaskan bahwa kafein membantu otot menghasilkan kekuatan lebih. Untuk pertama kalinya, kafein ditemukan mampu meningkatkan kekuatan otot lansia lewat penelitian pada tikus.
Kafein adalah zat stimulan yang banyak ditemukan dalam kopi dan minuman ringan. Para ilmuwan memfokuskan penelitiannya pada 2 otot yang berbeda, yaitu diafragma, otot yang digunakan untuk bernapas dan ekstensor digitorum longus, otot kaki yang digunakan untuk bergerak.
Peneliti menemukan bahwa kafein mampu meningkatkan kinerja pada 2 otot tersebut. Efek ini tidak terlihat pada anak-anak dalam masa perkembangan. Zat stimulan tersebut mampu memperkuat otot-otot pada tikus tua, tetapi efeknya kurang terlihat pada tikus dewasa yang masih fit.
"Meskipun efeknya kurang pada tikus dewasa, kafein nampaknya masih bermanfaat meningkatkan kinerja otot. Dengan menjaga gaya hidup yang aktif secara fisik, manfaat kafein dalam meningkatkan performa ini bisa terbukti pada populasi yang lebih tua," kata peneliti, Jason Tallis, seperti dilansir Medical Daily, Sabtu (30/6/2012).
Konsumsi kafein telah ditemukan dapat meningkatkan proses berpikir dan meningkatkan kemampuan daya ingat di kemudian hari. Namun dosisnya harus diperhatikan dengan seksama. Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan tubuh membuang kalsium, nutrisi yang penting bagi kekuatan tulang.
Kafein juga telah ditemukan dapat meningkatkan tekanan darah. Maka, beberapa dokter merekomendasikan kopi sebaiknya diminum paling banyak 2 gelas per hari. Pada pasien hipertensi, asupan kopinya perlu diperhatikan dengan lebih teliti.
(pah/ir)
Baca Juga
Komentar (0 Komentar)
Twitter Recommendation
-
Jumat,24/05/2013 18:32 WIB
Berdamai dengan Maut, Profesor Ajarkan Cara Menulis Surat Bunuh Diri
-
Jumat,24/05/2013 18:17 WIB
Tolong Dok, Kelamin Saya Tak Bisa Mengeras
-
Jumat,24/05/2013 18:11 WIB
Berantas Sarang Nyamuk Harus Sudah Diajarkan Sejak Anak-anak
-
Jumat,24/05/2013 17:59 WIB
Ini 6 Efek Negatif Rokok Pada Rambut dan Kulit, Masih Mau Merokok?
-
Jumat,24/05/2013 17:30 WIB
Ini Dia Rahasia Kebon Jeruk Jadi Daerah Bebas Demam Berdarah
-
Jumat,24/05/2013 17:01 WIB
Yuk, Berantas Sarang Nyamuk Bareng Para Jumantik
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Ini Gangguan Mata yang Bisa Dialami Ibu Hamil
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Jangan Biarkan Cacing Mata Bersemayam di Mata Anda
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Mata Anda Lelah? Langkah Ini Bakal Bikin Rileks
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Katarak dan Glaukoma, Penyakit yang Bisa Sebabkan Kebutaan
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Perhatikan Hal Ini Agar Mata Tak Iritasi karena Lensa Kontak
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Ini Akibatnya Jika 'Si Mata Empat' Malas Pakai Kacamata
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Kenalilah, Kelainan Mata yang Bisa Terjadi pada Anak
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Katakan Cinta pada Mata dengan Cara Ini
-
Jumat, 24/05/2013 18:09 WIB
Tolong Dok, Kelamin Saya Tak Bisa Mengeras
-
Jumat, 24/05/2013 17:59 WIB
Ini 6 Efek Negatif Rokok Pada Rambut dan Kulit, Masih Mau Merokok?
-
Jumat, 24/05/2013 15:36 WIB
Remaja dan Kesehatan Reproduksi
Sejak Mimpi Basah, Remaja Pria Sudah 'Bahaya' Bagi Lawan Jenis
-
Jumat, 24/05/2013 16:07 WIB
5 Karakteristik Nyeleneh yang Dimiliki Orang Jenius
-
Jumat, 24/05/2013 18:24 WIB
Berdamai dengan Maut, Profesor Ajarkan Cara Menulis Surat Bunuh Diri
-
Jumat, 24/05/2013 17:30 WIB
Ini Dia Rahasia Kebon Jeruk Jadi Daerah Bebas Demam Berdarah
-
Jumat, 24/05/2013 14:08 WIB
Remaja dan Kesehatan Reproduksi
ABG Rela Diajak Nikah Dini, Bisa Jadi Ini Alasannya
-
Jumat, 24/05/2013 14:29 WIB
Varya Akulova, Gadis Feminin yang Punya Tubuh Terkuat di Dunia
-
10 Komentar
-
9 Komentar
-
9 Komentar
-
7 Komentar
-
7 Komentar
-
6 Komentar
-
6 Komentar
-
5 Komentar
-
Kalkulator Seks
Berapa Kali Anda Pernah Berhubungan Seks?
-
Kalkulator Lama Berhubungan Seks
Berapa Durasi Rata-rata Ketika Berhubungan Seks?
-
Kalkulator Masa Subur
Kapan Perkiraan Masa Paling Subur Anda?
Must Read
close
-
Jumat, 24/05/2013 06:56 WIB
30 Menit Berolah Raga Secara Rutin Lebih Baik Daripada 2 Jam Sehari
-
Kamis, 23/05/2013 13:33 WIB
3 Penyebab Pria Sudah Botak di Usia 20-an Tahun
- detikNews · Berita · Internasional · Kolom · Wawancara · Lapsus · Tokoh · Pro Kontra · Profil · Indeks
- detikSport · Basket · MotoGP · F1 · Raket · Sepakbola · Sport Lain · Galeri · Profil · Fans Area · Indeks
- Sepakbola · Italia · Inggris · Spanyol · Jerman · Indonesia · Uefa · Bola Dunia · Fans Area · Indeks
- detikOto · Mobil · Motor · Modifikasi · Tips & Trik · Konsultasi · Komunitas · OtoTest · Galeri · Video · Forum · Indeks
- detikHot · Celebs · Music · Movie · Art · Gallery · Profile · KPOP · Forum · Indeks
- detikInet · News · Gadget · Games · Fotostop · Klinik IT · Ngopi · Produk Pilihan · Forum · Indeks
- detikFinance · Ekonomi Bisnis · Finansial · Properti · Energi · Industri · Sosok · Peluang Usaha · Pajak · Konsultasi · Foto · TV · Indeks
- detikHealth · Health News · Sexual Health · Diet · Ibu & Anak · Konsultasi · Health Calculator · Foto Balita · Bank Nama Bayi
- detikTravel · Travel News · Destinations · Photos · d'Trips · Hotels · Flights · ACI · d'Travelers Stories
- Wolipop · Fashion · Photos · Beauty · Love & Sex · Home & Family · Wedding · Entertainment · Sale & Shop · Hot Guide · d'Lounge · Indeks
- detikFood · Resep · Tempat Makan · Kabar Kuliner · Halal · Komunitas · Forum · Konsultasi · Galeri · Indeks
- detikSurabaya · Berita · Bisnis · Society · Foto · TV · Indeks
- detikBandung · News · Sosok · Info · Pengalaman Anda · Lifestyle · Iklan Baris · Foto · TV · Info Iklan · Forum · Indeks
Iklan Baris · Blog · Forum · Kolom Kita · adPoint · Seremonia · Sindikasi · Info Iklan · Suara Pembaca · Surat dari Buncit · detikTV · Cari Alamat
Copyright © detikcom, All Rights Reserved · Redaksi · Pedoman Media Siber · Karir · Kotak Pos · Info Iklan · Disclaimer

Cek Masa Pertumbuhan Anak Anda







_7.gif)

