detikhealth

Pilih Mana, Sesaat Hilang Ingatan atau Susah Orgasme?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 01/07/2012 14:10 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Segala yang berhubungan dengan kenikmatan seringkali dilematis, termasuk urusan seks dan orgasme. Banyak pikiran bisa bikin orang susah mencapai puncak kenikmatan bercinta, sebaliknya orgasme juga bisa bikin orang hilang ingatan.

Dalam beberapa kasus, seseorang bisa mendadak hilang ingatan atau amnesia ketika mencapai orgasme. Memang tidak bersifat permanen, tetapi cukup mengkhawatirkan karena bisa berlangsung hingga berjam-jam hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Tahun 2011 misalnya, seorang perempuan 54 tahun di Washington mendadak lupa segalanya saat sedang bercinta. Seluruh ingatan dalam 24 jam terakhir benar-benar hilang, bahkan ia tidak mampu mengingat apa yang sedang dilakukannya dengan sang suami.

Kasus lain juga pernah dilaporkan pada tahun 1998, yang menimpa 2 orang laki-laki yang masing-masing berusia 72 tahun dan 75 tahun. Sama seperti perempuan asal Washington tadi, kedua lelaki ini juga kehilangan ingatan dalam beberapa jam setelah bercinta.

Dalam istilah medis, hilang ingatan atau amnesia yang bersifat temporer ini disebut dengan Transient Global Amnesia (TGA). Meski dalam beberapa kasus dilaporkan terjadi setelah mencapai orgasme, kasus ini bisa juga terjadi saat melakukan hal lain misalnya bermain ping-pong.

Menurut para ahli, gejala ini bisa terjadi karena saraf simpatik mengalami aktiviasi saat melakukan sesuatu misalnya berhubungan seks. Proses ini menyebabkan tekanan berlebih pada pembuluh darah di otak yang menuju pusat ingatan, sehingga bagian ini fungsi orak di bagian ini mengalami gangguan.

"TGA disebabkan oleh pengacakan sirkuit memori di otak, dipicu oleh kadang-kadang faktor fisik maupun emosional," kata Dr Carol Lippa, seorang profesor neurologi dari Drexel University Medical School seperti dikutip dari USA Today, Minggu (1/7/2012).

Beruntung, gangguan seperti ini umumnya tidak berbahaya dan akan pulih dengan sendirinya dalam beberapa jam berikutnya. Terlebih, kasus seperti ini relatif sangat jarang karena hanya terjadi antara 3-5 kasus dari sekitar 100.000 orang yang berhubungan seks.

Malahan, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang banyak pikiran justru susah mencapai orgasme. Artinya terkadang memang harus memilih, mau susah orgasme karena banyak pikiran atau sekalian lupa ingatan karena keenakan orgasme?


(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit