detikhealth

Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Linda Mayasari - detikHealth
Senin, 02/07/2012 12:30 WIB
Gejala Serangan Jantung pada Wanita(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Gejala serangan jantung yang terjadi pada wanita berbeda dengan gejala serangan jantung pada pria. Umumnya serangan jantung pada wanita tidak ditandai dengan nyeri dada seperti biasanya, oleh karena itu Anda perlu mewaspadai gejalanya.

Berikut gejala serangan jantung pada wanita, seperti dilansir prevention, Senin (2/7/2012) antara lain:

1. Kelelahan yang ekstrem

Anda akan mengalami kelelahan yang ekstrem hingga lebih dari 70 persen yang akan terjadi berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu sebelum serangan jantung. Seluruh tubuh akan terasa lemah secara tiba-tiba, bahkan Anda tidak mampu mengangkat barang-barang tertentu yang sebenarnya tidak terlalu berat dalam keadaan normal.

2. Nyeri ringan

Pertanda serangan jantung, tidak hanya nyeri dan sesak di dada. Tekanan atau rasa nyeri dapat terjadi pada tulang dada, punggung atas, bahu, leher, atau rahang.

3. Keringat yang berlebihan

Anda mungkin akan menemukan diri Anda tiba-tiba mengeluarkan keringat yang berlebihan tanpa alasan yang jelas, meski Anda tidak sedang melakukan aktivitas berat atau cuaca sedang tidak panas. Kemudian wajah akan menjadi pucat karena kekurangan cairan tubuh dalam jumlah besar yang tiba-tiba.

4. Mual atau pusing

Sebelum serangan jantung, wanita biasanya akan mengalami gangguan pencernaan atau bahkan muntah. Anda juga mungkin merasa pusing seperti akan pingsan.

5. Sesak napas

Hampir 58 persen wanita yang mengalami serangan jantung melaporkan bahwa sebelumnya merasa kesulitan untuk bernapas. Bahkan kesulitan berbicara karena ketidakmampuan menangkap nafas.

6. Gangguan tidur

Hampir setengah dari wanita merasa kesulitan untuk tidur di malam hari atau terbangun di malam hari dalam beberapa minggu sebelum serangan jantung.

7. Kegelisahan

Wanita cenderung akan merasa gelisah sebelum mendapatkan serangan jantung yang sifatnya naluriah. Anda akan dilanda kecemasan seolah-seolah akan ada hal buruk yang menimpa Anda.


Tindakan yang harus Anda lakukan segera setelah mendapat serangan jantung adalah dengan mengambil aspirin sesegera mungkin. Hal ini dapat membantu mencegah pembekuan darah dan kerusakan yang ditimbulkannya.

Selalu sediakan aspirin dimanapun jika Anda terbukti memiliki jantung yang lemah. Selain itu rutinlah memeriksakan kondisi Anda ke dokter agar dokter dapat mendiagnosa bahwa kondisi jantung Anda sedang dalam keadaan tidak baik sejak dini.




(ir/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit