Konsultasi Kesehatan Bersama
Zoya Amirin, M.Psi

Psikolog seksual bersertifikasi dengan pendidikan seksual berlatar belakang psikologi. Ketua Komunitas Studi Perilaku Seksual, anggota Asosiasi Seksologi Indonesia. Pengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, UI.

Lihat Istri Melahirkan, Apakah Ganggu Hubungan Seks?

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 02/07/2012 15:53 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Bagaimana sebaiknya yang dilakukan suami saat istri mau melahirkan, apakah ikut melihat proses melahirkannya atau tidak? Apakah berpengaruh pada keintiman keluarga apabila suami melihat istrinya melahirkan?

Jo K (Pria Menikah, 26 Tahun), joe_XXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 177 Cm dan Berat Badan 65 Kg

Jawaban

Saya sangat menyarankan sebaiknya suami cukup mendampingi istri saat melahirkan. Suami sebaiknya berada disebelah istrinya jika memungkinkan tetapi sama sekali tidak saya sarankan untuk melihat bagaimana proses melahirkan secara langsung dari depan. Dari beberapa klien saya masih mengalami kesulitan bercinta dengan istrinya karena melihat proses delivery atau melahirkan secara langsung.

Zoya Amirin, M.Psi
Psikolog seksual bersertifikasi yang memiliki pendidikan seksual yang berlatar belakang psikologi. Ketua dalam Komunitas Studi mengenai Perilaku Seksual, anggota dari Asosiasi Seksologi Indonesia.

Pengajar mata kuliah Kesehatan Reproduksi, Ilmu Hubungan antar manusia, Public Relation, Ilmu Komunikasi Dasar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.




(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit