Orangtua yang Suka Memukul Pantat Anaknya Cenderung Alami Gangguan Mental

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Senin, 02/07/2012 16:30 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Setiap orangtua pasti punya caranya sendiri-sendiri untuk mendidik anak. Hal ini bisa dipengaruhi kepribadian, didikan orangtuanya terdahulu atau pengaruh lingkungan ketika si orangtua beranjak dewasa. Tak heran jika didikan terhadap anak sama halnya dengan prinsip yang sudah tertanam kuat dalam kepribadian masing-masing orangtua.

Yang memprihatinkan adalah orangtua yang suka memberikan hukuman fisik pada anak-anak seperti menampar pantat anaknya. Pasalnya menurut sebuah penelitian dari Kanada, orangtua semacam ini cenderung akan mengalami gangguan mental.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics ini dikemukakan bahwa gangguan mental seperti depresi, kecemasan, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan dan gangguan kepribadian lainnya bisa dikaitkan dengan hukuman fisik.

Hukuman fisik yang identik dengan mendorong, menyerobot, menampar dan memukul anak-anak ini biasanya dilakukan dalam kerangka kekerasan fisik, pelecehan seksual, pelecehan emosional, penelantaran fisik atau pengabaian emosional.

"Hal ini jelas-jelas menunjukkan bahwa hukuman fisik seharusnya tidak diterapkan pada anak-anak usia berapapun dan kita perlu mempertimbangkan berbagai kebijakan dan program perlindungan anak-anak dari kondisi semacam itu," ungkap peneliti Tracie Afifi dari departemen ilmu kesehatan publik di University of Manitoba.

Afifi berharap temuan dari studi yang melibatkan lebih dari 34.000 orang dewasa di Amerika Serikat tersebut akan membuat para orangtua berpikir dua kali ketika akan menampar pantat anaknya sebagai hukuman fisik.

"Orangtua harus menyadari keterkaitan diantara keduanya," kata Afifi seperti dilansir dari CBC, Senin (2/7/2012).Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit