detikhealth

Trik Cegah Kena Tifus Akibat Jajan Pinggir Jalan

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 04/07/2012 19:25 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Tak bisa dipungkiri saat ini banyak sekali dijual berbagai macam jenis jajanan di pinggir jalan. Tapi ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan saat membeli jajanan jalan ini agar tidak terkena tifus.

Dr Deepak Gupta dari Internal Medicine di Sri Balaji Action Medical Institute, New Delhi menuturkan bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan bersih bisa menyebabkan seseorang terkena tifus.

Penyakit tifus disebabkan oleh Salmonella typhi yang ditularkan melalui asupan makanan atau air yang terkontaminasi dengan tinja atau feses orang yang terinfeksi. Untuk itu makanan yang tidak bersih serta kondisi lingkungan bisa menyebabkan penyebaran bakteri ini.

"Pencegahan penyakit tifus ini bisa dilakukan pada 2 tingkat, yaitu di tingkat individu atau orang itu sendiri dan juga di tingkat masyarakat atau lingkungan," ujar Dr Deepak, seperti dikutip dari Timesofindia, Rabu (4/7/2012).

Berikut ini ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit tifus saat mengonsumsi jajanan jalan atau pasar, seperti diambil dari Mayoclinic yaitu:

1. Biasakan mencuci tangan sebelum makan
Sering-sering cuci tangan menjadi cara terbaik untuk mengendalikan infeksi. Cucilah tangan secara menyeluruh dengan air sabun terutama sebelum makan, jika tidak ada air maka gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

2. Belilah minuman yang masih dalam botol
Air minum yang tercemar adalah salah satu penyebab endemik tifus di suatu daerah, untuk itu saat makan belilah minuman air kemasan atau dalam kelang dan botol. Sebelum dibuka lap bagian luar botol dan mintalah minuman tanpa es batu, karena bakteri ini juga bisa terdapat dalam batu es yang dibuat dari air mentah.

3. Hindari mengonsumsi sayuran mentah
Sayuran atau produk mentah bisa saja belum dicuci atau ada kemungkinan menggunakan air yang tidak bersih, untuk itu hindari sayuran yang tidak memiliki kulit seperti selada. Tapi jika ingin benar-benar aman maka hindari semua makanan mentah.

4. Pilihlah makanan yang masih panas atau hangat
Hindari makanan yang sudah disimpan atau disajikan pada suhu kamar, membeli makanan yang hangat atau dikukus panas adalah pilihan yang baik. Serta hindari makanan pinggir jalan yang dijual dalam tempat terbuka.

Jika memiliki gejala demam dan badan panas selama lebih dari 5 hari yang diikuti dengan sakit perut seperti orang kena maag, bagian tengah lidah berwarna putih dan pinggir-pinggirnya merah serta diikuti dengan perubahan pola BAB (buang air besar).



(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close