detikhealth

Angka Kebutaan di Indonesia Nomor Dua Sedunia

Norma Anggara - detikHealth
Kamis, 05/07/2012 15:24 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Surabaya, Angka kebutaan di Indonesia masih tinggi. Evaluasi pertengahan Vision 2020 di Juni 2010 mencatat jumlah pasien buta karena penyakit katarak di Indonesia nomor dua di dunia, setelah Ethiopia.

Ini juga yang sedang dibahas oleh Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami). Dalam acara yang dibungkus tema 37th Annual Meeting of Indonesian Ophthalmologist Association, para dokter spesialis mata ini juga getol membahas perkembangan teknik-teknik operasi, pengobatan, teknologi serta hasil penelitian terbaru di bidang ilmu kesehatan mata.

"Angka kebutaan di Indonesia memang masih tinggi. Tapi sebenarnya kami juga sudah melakukan operasi katarak dan bakti sosial untuk mengurangi penumpukan penderita. Sehingga Prevalensi kebutaan di Indonesia sebesar 1,5 persen di 8 provinsi," kata Prof. Nila F. Moeloek, MD, Ph.D saat ditemui di Grand City, Surabaya, Kamis (5/7/2012).

Perempuan yang menjabat sebagai Ketua Perdami Indonesia ini juga menyampaikan, dirinya bersama seluruh dokter spesialis mata telah berusaha mencapai rumah sakit, dan klinik di pelosok Indonesia. Tapi kendala fasilitas selalu muncul.

Hanya beberapa rumah sakit milik pemerintah yang memenuhi standart fasilitas alat dan pengobatan mata. Sementara klinik-klinik swasta justru telah mencapai standart lebih dahulu.

"Kalau klinik milik swasta, standart alat dan pengobatan khusus mata sudah memenuhi. Tapi, rumah sakit umum daerah justru belum memenuhi standart alat pengobatan mata," tambahnya.

Prof Nila juga menjelaskan bahwa sekitar 1600 dokter spesialis mata sebenarnya siap ditugaskan ke seluruh penjuru dan pelosok Indonesia. "Tapi kalau alat dan fasilitas tidak memenuhi standart, kita mau operasi pakai apa?" tuturnya.Next

Halaman 1 2
(nrm/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit