detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Patriot Muslim Sp.U, Spesialis Bedah Urologi

Dr. Patriot Muslim Sp.U adalah Dokter Spesialis Bedah Urologi. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.

Punya Satu Ginjal, Masih Perlukah Pasien Ginjal Cuci Darah?

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jumat, 06/07/2012 10:06 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, kakak saya terdiagnosa batu ginjal 3 buah di ginjal bagian kanan dan 2 buah di ginjal bagian kiri. Rencananya akan dilakukan operasi pengangkatan batunya.

Namun ginjal bagian kanan sudah tidak berfungsi dan kini ia harus dicuci darah seminggu 2 kali. Yang saya tanyakan, seandainya ginjal kanan yang tidak berfungsi itu diangkat, apakah nantinya harus tetap cuci darah? Mengingat ginjal bagian kiri masih bisa berfungsi. Mohon informasinya, terimakasih.

Husnul (Wanita Lajang, 26 tahun), unuXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 160 cm dan Berat Badan 48 kg

Jawaban

Dari riwayat penyakit kakak anda, seperti diketahui bahwa kita punya ginjal 2. Bila salah satu ginjal masih berfungsi normal, maka sudah dapat menghilangkan racun dalam tubuh kita.

Kalau sudah cuci darah, dapat diartikan juga ginjal kiri yang ada batu juga tidak begitu baik fungsinya. Ginjal kanan yang ada batu dan rusak, bila sering menyebabkan sakit, demam, tak nyaman karena ada benjolan dari ginjal, di pertimbangkan untuk diangkat.

Tujuan pengangkatan batu pada ginjal kiri yang masih 'baik' agar tidak rusak lebih lanjut. Yang perlu diperhatikan agar selalu rajin evaluasi ginjalnya ke dokter urologi.

Dr. Patriot Muslim Sp.U
Dokter Spesialis Bedah Urologi. Praktik di RS PONDOK INDAH-PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.



(mer/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit