detikhealth

Atasi Kelelahan Agar Tidak Merusak Diet Anda

Linda Mayasari - detikHealth
Jumat, 06/07/2012 16:30 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Seseorang yang berada dalam kondisi yang kelelahan dan mengantuk cenderung memilih makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji. Segera atasi kelelahan tersebut agar tidak menggagalkan diet Anda.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan bulan Juni menunjukkan bahwa pusat-pusat otak akan diaktifkan ketika seseorang yang kurang tidur melihat makanan cepat saji. Menurut penelitian tersebut, otak diprogram secara alami untuk memilih makanan cepat saji ketika Anda sedang lelah.

Ada dua cara agar Anda mengatasi kelelahan agar Anda tidak tergoda dengan makanan-makanan cepat saji, yaitu dengan tidur malam yang cukup dan makan makanan ringan yang sehat.

Berikut adalah beberapa tips meningkatkan kualitas tidur untuk mengatasi kelelahan, antara lain:

1. Tetapkan jam tidur Anda. Jika Anda pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam, tubuh Anda secara alami akan mengantuk pada waktu tidur yang telah Anda tetapkan setiap hari.

2. Luangkan waktu untuk bersantai. Bersantailah sekitar satu jam sebelum waktu tidur Anda dengan mematikan TV, komputer dan redupkan lampu ruangan.

3. Jauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur. Jangan biarkan hewan peliharaan tidur bersama Anda dalam satu ranjang. Selain berbahaya bagi kesehatan, hewan akan terbangun kapan saja dan mengganggu tidur Anda.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit