detikhealth

Diet Soda Tidak akan Menyebabkan Anda Kurus

Linda Mayasari - detikHealth
Jumat, 06/07/2012 17:00 WIB
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Apakah dengan cara diet soda dapat membantu Anda menurunkan berat badan? Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet soda tidak dapat membantu menurunkan berat badan karena efeknya soda sama dengan fruktosa yang menyebabkan obesitas.

Seperti dilansir rodale, Jumat (6/7/2012), zat-zat pemanis seperti fruktosa, pemanis buatan, gula, alkohol dan kandungan soda dapat menganggu populasi 100 triliun bakteri yang hidup di usus Anda. Akibatnya metabolisme tubuh dan sistem pencernaan Anda akan terganggu.

Bakteri dalam usus tersebut berfungsi untuk memproses makanan di usus dan mengeluarkan produk sampingan yang disebut rantai pendek asam lemak. Ini memiliki manfaat dan berfungsi sebagai energi dalam tubuh.

Tapi karena bakteri memproses sejumlah besar fruktosa, pemanis buatan, gula, alkohol dan kandungan soda rantai pendek asam lemak yang lebih banyak. Jumlah yang lebih banyak dari rantai pendek asam lemak dapat mengurangi sinyal rasa kenyang dan membuat Anda makan berlebihan.

Selain itu rantai pendek asam lemak juga mempromosikan peradangan pada lapisan usus. Peradangan usus dapat menimbulkan kerusakan jaringan, menyebabkan sindrom usus bocor dan meningkatkan risiko untuk penyakit arteri koroner, stroke, dan diabetes tipe 2.

Hal ini dapat menjelaskan kaitan antara diet soda dengan kelebihan berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang minum dua atau lebih soda dalam sehari mengalami peningkatan lingkar pinggang hingga 5 kali lebih besar daripada orang yang tidak menjalani diet soda.

Untuk menurunkan berat badan, lebih baik mengonsumsi produk yang mengandung pemanis secukupnya dan minum banyak air. Kurangi diet soda dan perbanyak konsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, agar bakteri dalam usus dapat bekerja secara optimal.




(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit