detikhealth

Udara Panas Bisa Bikin Orang Jadi Uring-uringan

Vera Farah Bararah - detikHealth
Sabtu, 07/07/2012 09:59 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Udara panas ternyata tidak hanya membuat orang lebih banyak berkeringat, tapi juga menguji kesabaran. Ini karena udara panas bisa membuat orang jadi uring-uringan dan mudah marah.

"Banyak orang yang merasa jadi sedikit pemarah ketika hari sedang panas atau matahari bersinar terang," ujar Nancy Molitor, psikiatri klinis di Northwestern University Feinberg School of Medicine, seperti dikutip dari Foxnews, Sabtu (7/7/2012).

Molitor menuturkan cuaca yang panas dan juga lembab diketahui berkaitan dengan peningkatan agresi, kekerasan serta suasana hati yang lebih rendah sehingga berkurangnya kontrol atas situasi tertentu yang mungkin bisa mengganggu beberapa orang.

"Ini karena pada cuaca panas membuat orang sulit tidur, dehidrasi dan aktivitas terhambat akibat orang lebih memilih di dalam ruangan untuk menghindari panas terik. Semua ini bisa berkontribusi pada suasana hati yang memburuk jadi mudah marah," ujar Molitor.

Molitor menyarankan untuk menghindari mengambil keputusan yang penting saat musim panas karena ditakutkan akan membuat keputusan yang menyesal nantinya, terutama saat suasana hati tengah buruk.

Serta usahakan tetap terhidrasi dan mendengarkan sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh, jika sedang mengonsumsi obat diuretik sebaiknya mengonsumsi cairan lebih banyak lagi dari biasanya.

Sementara itu beberapa orang juga ada yang merasa sedikit tertekan dan lebih sering uring-uringan di musim panas, sekitar 1-2 persen dari orang ini mengalami gangguan pengaruh musim panas atau summer seasonal affect disorder.

Selain merasa tidak nyaman dan tertekan, orang-orang dengan kondisi ini juga merasa sangat gelisah di musim panas. Orang-orang ini merasa udara panas dan sinar matahari bisa membuatnya tidak bisa bertahan.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit