detikhealth

Dr Nugroho Setiawan, Jadi Dokter Demi Bakti ke Orangtua

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 09/07/2012 10:47 WIB
Halaman 1 dari 3
Dr Nugroho (dok. detikHealth)
Jakarta, Menjadi dokter di zaman dulu merupakan suatu kebanggaan tertentu, bahkan hal ini mungkin masih berlaku hingga sekarang. Terlebih bila yang menjadi dokter adalah anak desa biasa seperti Dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd. Ia memutuskan jadi dokter demi bakti dan tak ingin mengecewakan orangtuanya.

Dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd tak terlahir dari keluarga dokter. Ia hanyalah anak dari keluarga biasa yang orangtuanya sangat ingin ada putra putrinya yang bisa menjadi dokter, profesi yang sangat bergengsi kala itu.

Agar tak mengecewakan orangtua, dokter kelahiran Yogyakarta, 6 Juni 1956 ini pun mendaftarkan diri ke Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS). Ia berhasil masuk dan lulus menjadi dokter di tahun 1982.

"Ibu saya dulu punya satu keinginan anaknya jadi dokter. Biar orangtua nggak kecewa ya sudah sekolah kedokteran. Jadi itu sebetulnya cita-cita yang dibentuk dari kecil karena kita sayang sama orangtua," jelas Dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd, saat ditemui detikHealth di RSUP Fatmawati, Jakarta, seperti ditulis Senin (9/7/2012).

Setelah lulus dari FK UNS, Dr Nugroho pun mendapatkan tugas inpres di Puskesmas di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di tempat tugas inilah ia sering menjadi incaran para orangtua untuk dijadikan menantu.

"Tahun segitu orang desa kan kalo jadi dokter wah sekali, apalagi kalau menantunya dokter. Waktu itu saya sudah menikah. Yang jadi kesan sama saya, sebenarnya saya sudah menikah tapi tahunya orang sudah sekian lama. Jadi dokter di desa dan figur dokter masih dianggap hebat jadi menantunya. Akhirnya dikejar-kejar orang. Dikejar cewek dan support orangtuanya lagi. Karena Zaman dulu, mungkin beda dengan Jakarta," kenang Dr Nugroho.

Kini Dr Nugroho dikenal sebagai dokter andrologi dan telah menangani banyak pasien. Namun ternyata untuk menjadi seperti sekarang tak terlepas dari jasa sahabatnya yang mengajak masuk andrologi.Next

Halaman 1 2 3
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close