detikhealth

Gadis Cilik yang Terlahir dengan 3 Ginjal

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 09/07/2012 17:28 WIB
Gadis Cilik yang Terlahir dengan 3 GinjalSririta Phikun (dok. wanbao)
Singapura, Normalnya manusia memiliki dua organ ginjal, yang terletak di bagian kanan dan kiri. Tapi seorang gadis cilik asal Singapura mengalami keunikan karena terlahir dengan tiga buah ginjal.

Awalnya, sang ayah sedang mengganti popok dan menemukan ada noda darah di popok putrinya Sririta Phikun (3 tahun). Dan betapa terkejutnya ketika dibawa ke rumah sakit hasil scan menunjukkan bahwa putrinya memiliki 3 ginjal.

Kondisi ini sebenarnya terjadi karena komplikasi. Sririta Phikun terlahir dengan skoliosis kongenital, di mana tulang belakang biasanya melengkung dan membentuk huruf 'S'. Kondisi ini sering dikaitkan dengan cacat organ lain.

Karena kondisinya ini, pada usia yang masih sangat muda Sririta sudah melalui setidaknya 5 operasi, termasuk operasi untuk memasukkan titanium ke tubuhnya untuk mendukung tulang punggungnya. Ditambah lagi dengan tiga buah ginjal, tentu saja membuat kehidupan Sririta menjadi tidak mudah.

"Ketika saya mengetahui bahwa dia memiliki tiga ginjal, saya bertanya pada diriku 'Bagaimana hal seperti ini terjadi pada anak saya?" ujar Kong Kok Keong (36 tahun), ayah Sririta, seperti dilansir asiaone, Senin (9/7/2012).

Ginjal kanan Sririta terbagi menjadi dua (duplex), karena itu dia juga memiliki dua ureter yang meluas keluar dari ginjal tersebut. Kandung kemihnya menghalangi saluran kencing bagian atas, sehingga menyebabkan ia mengalami pendarahan ketika buang air kecil.

Untuk mengatasi kondisinya, Sririta menjalani operasi kecil untuk memasukkan sebuah tabung ke dalam tubuhnya untuk mengalirkan kelebihan darah dan nanah dari ginjalnya.

"Para dokter kini mengamati kondisinya. Setelah bengkak di ginjal berkurang, mereka harus melakukan operasi untuk menghilangkan bagian atas ginjalnya," lanjut ayahnya.

Sang ayah takut bahwa batang titanium yang dimasukkan di punggung putrinya dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti yang terletak dekat ginjalnya. Tapi dia percaya bahwa para dokter akan melakukan yang terbaik.

Profesor Yap Kim Hui, kepala dan konsultan senior nefrologi anak di National University Hospital, mengatakan bahwa ginjal duplex adalah cacat ginjal yang paling umum terlihat. Ini mempengaruhi sekitar 5 persen dari seluruh bayi baru lahir, tetapi tidak semua segera diobati.

"Terkadang, orang dengan cacat ini tetap asimtomatik (tanpa gejala). Hanya bila kelainan timbul karena kondisi ini, seperti infeksi atau penyumbatan pada saluran kemih, cacat ini ditemukan. Ada orang yang mungkin memiliki cacat ini, tetapi tidak pernah belajar tentang hal itu dalam hidup mereka," jelas Profesor Yap.




(mer/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit