detikhealth

5 Cedera yang Paling Banyak Dialami Saat Olahraga

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Selasa, 10/07/2012 08:31 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Olahraga adalah aktifitas yang baik dan menyehatkan, bahkan perlu dilakukan secara rutin. Di samping manfaatnya yang baik untuk tubuh, olahraga juga bisa menimbulkan cedera jika tidak dilakukan dengan baik. Waspadai 5 cedera yang sering dialami ketika berolahraga dan cara mengatasinya.

"Cedera olahraga terjadi di luar kendali kita, tetapi banyak cedera olahraga yang dapat dicegah. Beberapa cedera terjadi karena tidak dikondisikan untuk kegiatan tersebut," kata William Roberts, MD, dokter pengobatan olahraga di University of Minnesota dan juru bicara American College of Sports Medicine seperti dilansir WebMD, Selasa (10/7/2012).

Roberts menjelaskan, setiap olahraga harus dimulai dengan pemanasan untuk mencegah cedera. Pemanasan akan meningkatkan aliran darah ke otot, membuat tubuh jadi lebih fleksibel dan dapat menurunkan risiko cedera.

Cedera karena olahraga umumnya bersifat ringan atau sedang. Pengobatannya dapat dilakukan di rumah secara berharap. Beberapa cedera yang cukup parah memerlukan waktu beberapa bulan agar dapat benar-benar sembuh. Jika kasusnya cukup parah, bisa memerlukan operasi.

Kelima cedera yang paling banyak terjadi antara lain:

1. Keseleo pergelangan kaki
Kebanyakan atlet mengalami keseleo pada pergelangan kakinya. Cedera ini merobek ligamen di bagian luar pergelangan kaki yang relatif lemah. Ketika ke dokter, sebaiknya periksa letak keseleo yang terjadi. Jika kasusnya parah, temui dokter untuk memastikan tulang-tulang di kaki bagian bawah tidak terpisah.

2. Otot selangkangan tertarik
Gerakan mendorong ke samping akan menyebabkan ketegangan pada otot-otot paha bagian dalam atau pangkal paha. Olahraga seperti hoki, sepak bola dan baseball adalah olahraga yang seringkali terserang cedera pangkal paha.Next

Halaman 1 2
(pah/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit