detikhealth

Jus Cranberry Bisa Mencegah Infeksi Saluran Kemih

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 10/07/2012 17:34 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Nyeri saat buang air kecil bisa jadi merupakan gejala infeksi saluran kemih yang banyak menyerang kaum perempuan. Keluhan ini mungkin tidak perlu terjadi jika rajin mengonsumsi vitamin, khususnya yang berasal dari sari buah cranberry.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Archieves of Internal Medicine menunjukkan bahwa kandungan dalam buah cranberry bisa mencegah infeksi saluran kemih. Dalam penelitian tersebut, manfaat cranberry paling teramati pada perempuan.

Infeksi saluran kemih merupakan infeksi bakteri paling umum di kalangan orang dewasa, khususnya kaum perempuan. Di banyak negara, cranberry juga sudah diyakini secara turun temurun bisa meningkatkan kekebalan terhadap infeksi kuman di bagian tersebut.

Chih-Hung Wang, MD, dari National Taiwan University baru-baru ini menegaskan bahwa manfaat itu bukan sekedar mitos. Secara ilmiah, Wang bersama timnya telah membuktikan sendiri manfaatnya dengan melakukan kajian terhadap sejumlah penelitian.

"Produk-produk yang mengandung cranberry cenderung lebih efektif pada perempuan dengan infeksi saluran kemih yang berulang, populasi perempuan secara umum, anak-anak, dan peminum jus cranberry," kata Wang seperti dikutip dari Sciencedaily, Selasa (10/7/2012).

Untuk sampai pada kesimpulan tersebut, Wang bersama timnya melakukan penelusuran data dari 13 penelitian terdahulu. Total partisipan yang terlibat dalam penelitian-penelitian itu mencapai 3.000 orang yang lebih dari 50 persennya mengonsumsi cranberry.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa perempuan dengan infeksi saluran kemih yang berulang bisa menurunkan risiko infeksi hingga 38 persen hanya dengan mengonsumsi produk-produk berbahan cranberry secara rutin. Takaran rata-rata yang dikonsusmi partisipan adalah sekitar 200 mg/hari.


(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit