detikhealth

Perempuan yang Jari Manisnya Pendek Sering Nyasar Saat Jalan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 12/07/2012 11:00 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Panjang jari tangan bisa menunjukkan apakah seorang perempuan punya bakat jalan-jalan atau tidak. Jika jari manisnya lebih pendek dari jari telunjuk, maka perempuan itu tidak berbakat jalan-jalan karena pasti bakal sering tersesat.

Sebagaimana diketahui, perbandingan panjang jari tangan erat kaitannya dengan kondisi hormonal selama dalam kandungan. Pada laki-laki, faktor ini bisa mempengaruhi banyak hal mulai dari kemampuan bercinta hingga risiko kanker dan gangguan prostat.

Pada perempuan, perbandingan panjang jari tangan juga sudah sering dikaitkan dengan risiko kanker payudara maupun gangguan radang sendi seperti arthritis. Hal ini disebabkan oleh perbedaan komposisi hormon esterogen dan progesteron selama dalam kandungan.

Baru-baru ini, para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology kembali menemukan makna baru dari perbedaan panjang jari tangan. Kali ini, para ilmuwan mengaitkannya dengan kemampuan navigasi atau mengenali arah khususnya pada perempuan.

Hasil pengamatan terhadap 82 responden menunjukkan bahwa perempuan dengan jari manis lebih pendek dibanding jari telunjuk cenderung susah mengenali arah. Artinya jika berada di tempat baru yang masih asing, perempuan itu bakal mudah tersesat.

"Temuan ini untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa perbedaan naluri mengenali arah berhubungan dengan panjang jari tangan," tulis para peneliti dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal PLoS One, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (12/7/2012).

Menurut para peneliti, perempuan yang memiliki jari manis lebih pendek dibanding jari telunjuk berarti semasa dalam kandungan lebih banyak terpapar hormon esterogen. Laki-laki cenderung lebih banyak terpapar hormon testosteron sehingga secara umum kemampuan navigasinya lebih baik dari perempuan.



(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit