detikhealth

Nyeri Dada Berkurang Setelah Bersendawa

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 12/07/2012 11:14 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Saya selalu mengalami sakit dada sebelah kiri, pernah cek dokter katanya tekanan darah tinggi. Saya pun selalu bersendawa dan hasil X-ray dokter bilang angin saja, tapi dada selalu sakit. Namun setelah bersendawa agak berkurang sakit itu. Pertanyaan saya apakah saya punya gejala sakit jantung?

Maryo W (Laki-laki Menikah, 35 Tahun), maryodarXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 165 Cm, Berat Badan 68 Kg

Jawaban

Sendawa bisa disebabkan karena adanya tekanan pada daerah sekitar lambung, atau bisa juga karena adanya penyakit jantung jika sering bersendawa dalam waktu yang lama.

Kami tidak dapat mengetahui apakah Anda memiliki penyakit jantung atau tidak, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan jantung untuk memastikannya. Jika masih mempunyai pertanyaan bisa menghubungi kami atau datang ke kantor untuk berkonsultasi dengan dokter sambil membawa hasil pemeriksaan kesehatan Anda. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi
Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72,Slipi.Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit