Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD

Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD adalah Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525. (Periode konsultasi: 24 Mei 2012 hingga 10 Juli 2012).

Apa Bahayanya Jika Hb Terlalu Tinggi?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 12/07/2012 11:43 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Dokter, saya mau tanya mengenai kandungan Hb darah saya yang tinggi. Apa penyebabnya? Dua tahun lalu saya mulai donor darah, tetapi kemudian vakum 1 tahun (tidak donor), dan sejak sembilan bulan lalu, saya selalu ditolak PMI untuk donor darah karena Hb saya mencapai 18.6.

Apa yang harus dilakukan untuk menurunkan kadar Hb darah? Apa penyakit yang ditimbulkan dari Hb tinggi? Saya mulai konsumsi obat cardio aspirin, dan belakangan ini saya sudah berhasil dua kali untuk donor darah. Mohon pendapat dokter. Terimakasih

Herianto (Laki-laki Lajang, 23 Tahun), mazeXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 167 Cm, Berat Badan 56 Kg

Jawaban

Polisitemia adalah peningkatan konsentrasi hemaglobin diatas batas nilai normal hemaglobin untuk pasien sesuai dengan umur dan jenis kelamin (pria atau wanita). Gejala klinisnya seperti:
1. Sakit kepala
2. Dizzines
3. Tinitus (telinga berdenging)
4. Gangguan penglihatan
5. Sesak
6. Lemas
7. Perubahan warna kulit
8. Rasa begah di perut
9. Perdarahan, trombosis atau kadang tanpa gejala.

Untuk menurunkan hemoglobin dapat dilakukan flebotomi, yaitu untuk mempertahankan hematokrit 42 persen pada perempuan dan 47 persen pada pria. Ini untuk mencegah timbulnya hiperviskositas.

Flebotomi adalah suatu tindakan menurunkan volume darah dengan cara mengeluarkannya melalui pembuluh darah vena secara bertahap dan cepat. Kebanyakan pasien dapat menerima pengeluaran darah kira-kira 450 s/d 600 cc per minggu. Untuk usia lanjut atau pasien dengan penyakit kardiovaskuler dianjurkan sekitar 200-300cc.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit