detikhealth

Jenis Permainan untuk Bayi yang Sesuai Usianya

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Kamis, 12/07/2012 16:33 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Kualitas kehidupan seseorang sudah dapat ditentukan saat usianya menginjak 3 tahun. Pada usia tersebut, sel-sel otak tumbuh dengan sangat cepat semenjak dilahirkan. Segala hal yang terjadi pada rentang waktu ini akan mempengaruhi perkembangan bayi untuk selanjutnya. Untuk merangsang perkembangan otak bayi, perlu diberikan permainan sesuai tahapan usianya.

"Sel-sel otak janin tumbuh dan berkembang cepat sejak bulan pertama dalam kandungan. Pada usia 6 bulan, sel-sel otak membentuk banyak sinaps atau sambungan sel saraf dan membentuk rangkaian sirkuit fungsional yang kompleks. Proses ini berlangsung cepat sampai usianya mencapai 3 tahun," kata dr Jenni K. Dahliana, SpA, dokter spesialis anak dalam acara Soft Opening Klinik Tumbuh Kembang Anak Ruwivito Harun Evasari (RHE) di Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2012).

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan sel saraf pada otak bayi, dr Jenni menuturkan, dibutuhkan 3 faktor yang saling melengkapi, yaitu fisik, kasih sayang dan stimulasi dini. Kebutuhan fisik dapat dipenuhi dari asupan nutrisi yang mempengaruhi pertumbuhan sel otak. Kebutuhan kasih sayang berfungsi mempengaruhi kemandirian dan kecerdasan emosi. Sedangkan stimulasi dini bermanfaat untuk merangsang seluruh indera anak.

"Stimulasi dini pada bayi dan balita merupakan permainan yang merangsang semua indera, merangsang gerakan kasar dan halus, kemampuan komunikasi, emosi, kreatifitas dan kemandirian. Kesemuanya merupakan cikal bakal proses pembelajaran anak," kata dr Jenni.

Praktiknya, stimulasi dini dilakukan dengan cara memberikan permainan kepada anak sesuai dengan tingkatan umurnya. Lebih lanjut lagi, dr Jenni memaparkan tingkatan permainan yang dapat diberikan adalah sebagai berikut:

Untuk bayi 0 - 3 bulan, permainan yang bisa diberikan adalah dipeluk atau digendong, menatap mata bayi, diajak senyum dan bicara atau bernyanyi, digulingkan kanan kiri saat telentang atau tengkurap dan dirangsang memegang mainan.

Ketika bayi berusia 3 - 6 bulan, permainan ditambah dengan permainan cilukba, permainan melihat wajah di cermin, dan dirangsang tengkurap atau telentang bolak-balik.Next

Halaman 1 2
(pah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit