detikhealth

4 Tarian yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 13/07/2012 08:28 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Ada banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk membantu menurunkan berat badannya, salah satunya adalah dengan menari. Lalu tarian apa saja yang bisa membantu menurunkan berat badan?

Jika tidak suka melakukan olahraga di gym selama berjam-jam serta diet ketat maka cobalah untuk menari. Ini karena menari bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, membakar kalori sehingga membantu proses penurunan berat badan.

Untuk itu menari adalah cara yang efektif dalam membakar lemak berlebih di dalam tubuh. Sayangnya tidak semua bentuk tari bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi jika melakukan tarian ini secara teratur maka ada manfaat penurunan berat badan yang didapat, seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (13/7/2012) yaitu:

1. Tarian freestyle
Bentuk tarian ini bisa meningkatkan seseorang untuk bergerak bebas, dan dengan meningkatkan kecepatan maka kalori yang terbakar akan makin banyak. Freestyle tidak hanya membantu menurunkan berat badan tapi juga meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Sebagai awal, mulailah dengan irama pelan yang semakin lama ketukannya makin cepat sehingga bisa menaikkan tingkat energi. Praktek selama 30 menit setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan.

2. Tari perut
Tari perut tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tapi juga membentuk bokong serta perut jadi lebih indah karena membakar lemak di paha dan perut. Manfaat lainnya adalah meningkatkan fleksibilitas tubuh dan menjaga tetap fit. Ikutlah kursus tari perut bersama atau menonton video dengan instruktur.

3. Balet
Jenis tarian ini sangat bagus dalam membentuk tubuh, karena gerakannya yang lambat dan postur tubuh yang dilakukan hampir mirip dengan yoga. Konsentrasi akan meningkatkan dan membuat fleksibel bagian tubuh dalam membantu membakar lemak yang membuat tubuh terlihat gemuk.

4. Pole dancing (menari dengan menggunakan tiang)
Berputar atau mendaki suatu tiang bisa membantu membakar beberapa kalori, ini karena latihan atau menari selama 30 menit setiap hari sama dengan 20 menit di gym. Tarian ini selain bisa membantu menurunkan berat badan, memperkuat otot dan membentuk tubuh.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit