detikhealth

Kenapa Jantung Berdetak Kencang Walau Hanya Sedikit Bergerak?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 16/07/2012 10:22 WIB
Kenapa Jantung Berdetak Kencang Walau Hanya Sedikit Bergerak?ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Assalamu'alaikum, saya seorang perokok dan 2 minggu terakhir ini saya sering pergi atau olahraga di gym (fitnes) 3-5 kali seminggu, biasanya waktu siang atau sore hari karena jika pagi badan terasa malas.

Akhir-akhir ini juga saya sering menahan marah, tidak tahu kenapa saya agak sensitif, sekitar 3 hari lalu saya lari hanya berjarak 100 meter dengan kecepatan sedang tiba-tiba jantung saya berdebar kencang dan kepala pusing. Sehari setelah itu jika bergerak sedikit naik tangga misalnya jantung saya berdetak kencang mendadak bahkan saat bersepeda pun juga begitu dan detak jantung yang keras itu sering saya alami hanya dengan sedikit gerakan, itu pertanda apa ya dok? Bagaimana solusinya? Terimakasih.

Bokir (Laki-laki lajang, 24 tahun), bangXXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 163 Cm, Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Dear Bokir,

Berdasarkan pernyataan Anda, gejala seperti yang Anda alami saat ini bisa di karena 2 hal. Yang pertama adalah Anda kelelahan dan mempunyai tekanan pikiran, dan kemungkinan kedua adalah Anda mengalami gejala Aritmia (gangguan irama jantung).

Untuk lebih memastikan keadaan kesehatan sebenarnya, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan tes EKG (electrocardiogram) atau Holter saat gejala tersebut kembali muncul.

Jika masih ada yang ingin Anda tanyakan mengenai jantung dan ruang dada, Anda bisa menghubungi kami atau datang ke kantor untuk berkonsultasi dengan dokter sambil membawa hasil pemeriksaan kesehatan jantung Anda. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi
Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72,Slipi.Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(ver/ir)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit