Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Andri Wanananda MS

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

Apakah Selaput Dara Bisa Rusak Karena Dimasukkan Jari?

Selasa, 17/07/2012 18:22 WIB
(Foto: Thinkstock)
Maaf dok sebelumnya, saya ingin bertanya apakah selaput dara saya tidak apa-apa karena pernah saya masukkan jari tangan ke dalam lubang vagina beberapa kali, waktu pertama kali saya masukkan vagina saya terasa sakit namun tidak sampai berdarah, dan yang berikutnya tidak sakit dok, apakah tidak apa-apa dok? Saya sangat khawatir dok, mohon pernjelasannya dok. Terimakasih

Ani (Perempuan, 17 Tahun), pohonXXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 165 Cm, Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Memasukkan jari atau benda ke dalam vagina bisa saja menyentuh selaput dara hingga terjadi iritasi dan berdarah, apalagi bila vagina belum lubrikasi. Bila Anda ingin mengetahui keutuhan selaput dara Anda, bisa dilakukan 'periksa-dalam' oleh Dokter Spesialis Kebidanan atau Bidan-senior.

Hal lain yang penting dilakukan adalah menjaga kebersihan salah satunya dengan mencuci tangan sebelum memasukkanya ke dalam vagina.

Dr. Andri Wanananda, MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit