detikhealth

Risiko Kesehatan Akibat Memakai Kondom Kadaluarsa

Linda Mayasari - detikHealth
Selasa, 17/07/2012 19:27 WIB
Risiko Kesehatan Akibat Memakai Kondom Kadaluarsa(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Jangan asal ketika memakai kondom, Anda perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan kondom. Menggunakan kondom yang sudah kadaluarsa bukan hanya mengurangi efektifitasnya tetapi juga menimbulkan masalah kesehatan lain.

Sebenarnya kondom lateks dapat digunakan sampai 6 tahun jika disimpan di tempat sejuk dan kering. Menyimpannya dalam dompet atau tempat yang panas dan lembab juga dapat mengurangi efektifitasnya.

Setelah melewati tanggal kadaularsanya, kondom lateks biasanya mulai mengering dan rapuh. Semakin lama kondom akan kehilangan fleksibilitas dan kekuatan kondom memburuk.

Berikut risiko yang dapat terjadi jika Anda menggunakan kondom yang kadaluarsa, seperti dilansir onlymyhealth, Selasa (17/7/2012) antara lain:

1. Kehamilan yang tidak diinginkan

Ini adalah faktor risiko yang paling jelas terkait dengan penggunaan kondom kadaluarsa. Karena kondisi kondom yang telah rapuh dan mungkin muncul sedikit lubang pada material kecil kondom yang menyebabkan bocornya sperma ke dalam vagina.

2. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Tujuan utama penggunaan kondom adalah mencegah kehamilan dan penularan PMS. Ketika kondom yang Anda gunakan tidak lagi mampu mencegah pencampuran antara cairan tubuh, virus dan partikel infeksi, Anda tidak lagi dapat terlindung dari penularan PMS.

Salah satu bahaya dari kondom kadaluarsa, yang telah kehilangan daya tahan dan fleksibilitas, adalah dapat memasukkan virus penyebab PMS ke dalam vagina selama hubungan seksual dan menyebabkan transfer PMS dari satu orang ke orang lain.

3. Iritasi

Kondom kering dan rapuh dapat mengiritasi kulit penis atau vagina dan bahkan dapat menyebabkan ruam kecil. Pastikan Anda menghindari risiko tersebut dengan selalu memeriksa tanggal kadaluarsa kondom sebelum pemakaian.


(ir/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit