detikhealth

Divonis Mengalami Pembesaran Jantung 55%, Harus Bagaimana?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 18/07/2012 10:24 WIB
Divonis Mengalami Pembesaran Jantung 55%, Harus Bagaimana?(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Dok, saya didiagnosis menderita kardiomegali dengan pembesaran 55 persen. Yang ingin saya tanyakan apakah penyakit ini bisa sembuh? Adakah obat yang bisa saya minum? Bagaimana cara mengurangi rasa ngilu di bagian jantung? Terimakasih

Deenees (Perempuan Lajang, 27 Tahun), deeXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 160 Cm, Berat Badan 90 Kg

Jawaban

Dear Deenees,

Untuk penanganan cardiomegaly terlebih dahulu kami ingin mengetahui berapa tekanan darah, dan pemeriksaan apa saja yang telah dilakukan sebelumnya, keluhan apa saja yang dialami saat ini. Kami ingin lebih memahami kondisi anda yang sebenarnya agar dapat memberikan cara pengobatan terbaik untuk anda.

Pembesaran jantung (cardiomegaly) adalah kondisi yang mana terjadi pembesaran pada jantung yang terlihat dari pemeriksaan X-ray. Beberapa hal diketahui bisa menyebabkan jantung membesar seperti stres, kehamilan atau kondisi tubuh sendiri misalnya melemahnya otot jantung, penyakit arteri koroner, masalah katup jantung atau detak jantung abnormal.

Kondisi ini kadang tidak selalu bisa dicegah, tapi biasanya dapat diobati. Pengobatan yang diberikan bertujuan untuk mengobati penyebab yang mendasari, termasuk melalui obat-obatan, prosedur medis (menggunakan alat tertentu misalnya untuk mengatur detak jantung) atau operasi.

Risiko dari komplikasi pembesaran jantung ini tergantung dari bagian mana di jantung yang mengalami pembesaran serta penyebab dasarnya. Komplikasi yang muncul bisa meliputi gagal jantung, pembekuan darah, serangan jantung serta kematian mendadak.

Kami sarankan agar anda melakukan pemeriksaan berupa USG jantung dan X-Ray. Jika masih ada hal mengenai penyakit jantung, anda bisa menghubungi kami atau anda juga bisa datang ke kantor kami untuk berkonsultasi dengan dokter kami dengan membawa hasil pemeriksaan kesehatan jantung anda. Terima Kasih.

Profesor Xiao Mingdi
Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72,Slipi.Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit