detikhealth

Divonis Mengalami Pembesaran Jantung 55%, Harus Bagaimana?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 18/07/2012 10:24 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Dok, saya didiagnosis menderita kardiomegali dengan pembesaran 55 persen. Yang ingin saya tanyakan apakah penyakit ini bisa sembuh? Adakah obat yang bisa saya minum? Bagaimana cara mengurangi rasa ngilu di bagian jantung? Terimakasih

Deenees (Perempuan Lajang, 27 Tahun), deeXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 160 Cm, Berat Badan 90 Kg

Jawaban

Dear Deenees,

Untuk penanganan cardiomegaly terlebih dahulu kami ingin mengetahui berapa tekanan darah, dan pemeriksaan apa saja yang telah dilakukan sebelumnya, keluhan apa saja yang dialami saat ini. Kami ingin lebih memahami kondisi anda yang sebenarnya agar dapat memberikan cara pengobatan terbaik untuk anda.

Pembesaran jantung (cardiomegaly) adalah kondisi yang mana terjadi pembesaran pada jantung yang terlihat dari pemeriksaan X-ray. Beberapa hal diketahui bisa menyebabkan jantung membesar seperti stres, kehamilan atau kondisi tubuh sendiri misalnya melemahnya otot jantung, penyakit arteri koroner, masalah katup jantung atau detak jantung abnormal.

Kondisi ini kadang tidak selalu bisa dicegah, tapi biasanya dapat diobati. Pengobatan yang diberikan bertujuan untuk mengobati penyebab yang mendasari, termasuk melalui obat-obatan, prosedur medis (menggunakan alat tertentu misalnya untuk mengatur detak jantung) atau operasi.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit