detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Bisakah Asma pada Anak Disembuhkan?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 18/07/2012 12:47 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Dok, saya punya 2 putri keduanya mempunyai asma dan itu sudah divonis oleh Dokter spesialis anak. Yang saya tanyakan adalah anak kedua saya apakah asma ini nantinya bisa hilang? Diusia berapa nanti bisa hilang? Terapi apa yang bisa sedikit demi sedikit memperkecil asma ini kambuh terhadap anak 2 tahun saya? Terimakasih

Kuncoro (Perempuan Lajang, 2 Tahun), kuncoroXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 90 Cm, Berat Badan 30 Kg

Jawaban

Asma secara klinis adalah gejala batuk dan atau mengi berulang terutama pada malam hari, dan dapat berulang (dapat sembuh spontan atau dengan pengobatan). Anak penyandang asma biasanya terdapat riwayat alergi pada pasien atau keluarga.

Proses terjadinya asma biasanya karena ada pemicunya atau disebut dengan allergen. Untuk itu menghindari kontak dengan allergen adalah pencegahan supaya asma tidak terjadi.

Mengetahui anak memiliki alergi inilah yang menjadi peran orangtua sehingga dapat mengendalikan asma pada anak. Dengan bertambah usia kebanyakan keluhan asma berkurang, hanya sedikit kasus terbawa sampai dewasa.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit