detikhealth

Ulasan Khas Kontroversi Masturbasi

Kenapa Cowok Lebih Sering Masturbasi Ketimbang Cewek?

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 18/07/2012 13:27 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Laki-laki dan perempuan sebenarnya memiliki kebutuhan dasar tubuh yang sama, yaitu makan, minum dan seks. Namun untuk urusan masturbasi, mengapa lebih banyak laki-laki ketimbang perempuan?

"Tujuan dari masturbasi adalah mencari orgasme tapi dengan cara manual menggunakan tangan atau alat seperti sextoys. Mungkin kalau di kota-kota besar jumlahnya sudah seimbang antara laki-laki dan perempuan yang melakukan masturbasi, tapi disini perempuan lebih permisif dan serba tertekan," jelas Dr. Andri Wanananda, MS, seksolog dan pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta, saat dihubungi detikHealth, Rabu (18/7/2012).

Pendapat yang sama juga dilontarkan psikolog seksual Zoya Amirin, M.Psi. Menurut wanita yang juga berprofesi sebagai pengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia ini, pada dasarnya jumlah perempuan yang melakukan masturbasi juga hampir sama dengan laki-laki. Hanya saja kebanyakan perempuan malu-malu untuk mengakuinya.

Terlebih lagi, banyak perempuan yang menganggap bahwa melakukan masturbasi sama buruknya dengan melakukan pelacuran.

"Cewek malu-malu, nggak mau bilang. Sudah gitu cewek menganggapnya gini 'Aduh kok seperti pelacur sekali sih'. Padahal kan kalau kita jadi istri, kasarnya, harus jadi pelacur di tempat tidur, jadi bangsawan di ruang tamu, ahli ekonomi di dapur. Jangan jadi bangsawan di tempat tidur, bete nanti suaminya karena jadi seperti gedebong (batang) pisang, atau malah jadi pelacur di ruang tamu, ya kebalik," jelas Zoya Amirin, M.Psi, saat berbincang dengan detikHealth.

Menurut Zoya, secara psikologi seksual masturbasi sebenarnya paling sehat karena masturbasi bisa membuat perempuan jadi memiliki sexual mapping. Artinya, perempuan tahu peta-peta erotis di tubuhnya, selain payudara dan vagina.

Karena pada dasarnya, masturbasi yang sehat adalah untuk mengeksplor diri sendiri. Jika perempuan susah mencapai orgasme, maka masturbasi bisa menjadi salah satu solusinya, dengan begitu ia bisa mengenal zona-zona erotis di tubuhnya sendiri.

"Cewek yang susah orgasme, mustinya masturbasi untuk mencari spot tubuhnya. Jadi dia bisa mengarahkan pasangan musti begini saat berhubungan. Itu akan sangat membantu untuk performa secara seksual," lanjut Zoya.


(mer/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit