detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Ulasan Khas Kontroversi Masturbasi

Reaksi Orangtua Saat Tahu Anak Sudah Kenal Masturbasi

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 18/07/2012 16:27 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Masturbasi merupakan kegiatan seksual yang bisa dilakukan mulai dari anak-anak atau remaja hingga dewasa. Jika orangtua mengetahui anaknya sudah kenal masturbasi, bagaimana reaksinya?

"Kalau orangtua tahu maka secara spontan reaksinya adalah kaget, syok, bingung, panik dan bisa jadi marah," ujar psikolog Ratih Ibrahim, Presiden Direktur Personal Growth saat dihubungi detikHealth, Rabu (18/7/2012).

Ratih mengungkapkan ini bisa dipahami, tapi apa yang terekspresikan dalam kemarahan ini kadang berpotensi merusak kepercayaan diri anak dan relasi atau hubungan antara orangtua dan anak.

"Biasanya anak melakukan masturbasi sebagai bentuk pelampiasan kalau sedang gelisah, cemas dan stres. Jadi pemicu ini harus dikurangi, jangan sampai masturbasi menjadi kebiasaan di diri anak," ungkapnya.

Ratih menjelaskan ada beberapa hal yang penting dilakukan orangtua jika tahu anaknya masturbasi, yaitu:

1. Orangtua harus memahami dulu
Dorongan tersebut merupakan hal yang wajar karena saat puber organ reproduksinya matang sehingga libido tumbuh atau meningkat dan tanpa disadari perhatiannya terfokus pada alat kelamin dan fungsinya. Untuk itu orangtua sebaiknya memiliki pemahaman yang baik mengenai seks.

2. Tenang
Orangtua perlu tenang dalam mengatasinya, karena kalau reaksinya histeris marah maka bisa saja memberikan konsep yang keliru tentang seks dan juga seksualitas pada anak.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit