detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi (Nutrisionis)

Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Benarkah Habis Makan Tak Boleh Minum Air Dingin?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 20/07/2012 10:12 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Kata guru biologi saya sehabis makan jangan minum air dingin karena nanti lemaknya akan beku dan sulit dicerna dan akhirnya akan mengendap di tubuh, apa benar demikian?

Yandi (Laki-laki Lajang, 17 Tahun), yandi.XXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 165 Cm, Berat Badan 65 Kg

Jawaban

Halo Yandi,

Tentu saja hal itu tidak benar. Mari kita pikirkan bersama: saat makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh melalui mulut, tenggorokan dan lambung, suhu asli makanan akan berubah karena di dalam tubuh kita konstan 37°C.

Di dalam lambung, makanan dicerna kira-kira 2-3 jam dalam suhu 37°C dan menggunakan asam lambung yang mempunyai pH sangat rendah (sekitar pH 2) sehingga makanan dan minuman yang masuk otomatis pada akhirnya akan menjadi hangat sesuai tubuh dan hancur oleh karena asam lambung.

Saat makanan dan minuman diserap oleh tubuh dari usus, yang diserap sudah merupakan zat-zat yang sangat kecil (bentuknya sudah seperti ion atau molekul terkecil) dan bukan makanan “utuh” lagi.

Sementara itu lemak yang mengendap dalam tubuh merupakan konsekuensi dari makan terlalu banyak (terutama makan minyak/lemak) ditambah kurangnya olahraga, bukan karena minum air dingin.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.


(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit