detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

'Gadis Bola Basket', Jalan Pakai Bola Basket Karena Tak Punya Kaki

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jumat, 20/07/2012 11:08 WIB
Qian Hongyan (dok. weirdasianews)
Yunnan, China, Qian Hongyan terlahir dalam kondisi normal dengan sepasang kaki lengkap. Namun kecelakaan tragis membuat dokter terpaksa harus mengamputasi kedua kakinya. Karena tak memiliki cukup uang, dia pun tak mampu membeli kaki palsu dan harus menggunakan bola basket untuk berjalan.

Qian Hongyan (16 tahun) mungkin terpaksa menggunakan bola basket sebagai kaki palsu. Tapi itu tidak menghentikan ambisinya untuk bersaing di panggung dunia olahraga terbesar.

Qian Hongyan, yang menyentuh hati jutaan orang di seluruh dunia, telah bergabung dengan klub renang dan pelatihan untuk memenuhi mimpinya berlaga di 2012 Paralympics di London.

Qian Hongyan terlahir normal lengkap dengan kaki pada tahun 1996 di Propinsi Yunnan, China. Namun pada tahun 2000, ia mengalami kecelakaan hebat tertabrak bus yang menyebabkan panggulnya harus diamputasi, seperti dilansir Hudong, Jumat (20/7/2012).

Karena tak memiliki uang untuk membeli kaki palsu (prosthetic) modern, sang ayah membantunya dengan memotong bola basket yang kemudian diletakkan di bawah panggul dan digunakan untuk berjalan. Saat berjalan ia juga menggunakan tangan yang dibantu dengan bantalan kayu khusus.

Langkah demi langkah ia lakukan untuk memindahkan tubuh. Bola basket tua itu pun menjadi bagian dari hidupnya, sehingga semua orang menyebutnya dengan 'Gadis Bola Basket'.

Ia mulai tertarik dengan renang sejak tahun 2007, ketika Paralympics diadakan di Kunming, Yunnan, China. Di menonton setiap hari dan melihat banyak atlet yang senasib dengannya. Hal itu mendorongnya untuk menjadi seorang atlet renang profesional.

Pada Agustus 2007, ia bergabung dengan klub renang South Of The Clouds. Sejak saat itu ia memulai hidup baru dan berkali-kali memenangkan kejuaraan renang.

Kini meskipun ia sudah memiliki sepasang kaki buatan dengan teknologi tinggi, tapi ia masih sering menggunakan bola basket. Selain itu berjalan, bola basket tua itu membantunya keluar masuk kolam renang.
 

 
(mer/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit