detikhealth

Teh Ciplukan Buatan Mahasiswa UGM Aman Bagi Pasien Diabetes

Bagus Kurniawan - detikHealth
Jumat, 20/07/2012 16:35 WIB
Halaman 1 dari 3
Cip Cup Tea (dok: Bagus-detikHealth)
Yogyakarta, Buah Ciplukan atau Physalis angulata L. yang sering kita temui di persawahan ternyata mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengobati penyakit seperti diabetes, darah tinggi, kencing manis, borok, dan sakit tengorokan.

Melihat banyak manfaat dalam tanaman yang biasanya tumbuh bersama tanaman palawija itu, empat orang mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) mencoba membuat produk minuman olahan dari ciplukan. Keempat mahasisa itu adalah Denok Kumalasari, Rahmi Wijayanti, Intin Nurwati dan Ridho Andika Putra.

"Kami mencoba membuat produk ini karena ciplukan sudah banyak digunakan sebagai ramuan obat diantaranya diabetes," ungkap Denok dalam acara Research Week 2012 di Grha Sabha Pramana UGM, Jumat (20/7/2012).

Namun lanjut Denok, pengolahan yang dilakukan masih manual yaitu dengan direbus. Hanya airnya saja yang dipakai untuk obat dengan cara diminum.

"Karena harus direbus dulu ternyata kurang praktis," katanya.

Denok bersama teman-temannya kemudian membuat dalam bentuk kemasan celup agar lebih praktis dan lebih tahan lama. "Waktu Kadaluwarsa hampir sama dengan teh pada umumnya hingga 2 tahunan," katanya.

Menurutnya, dalam tanaman tersebut mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Ciplukan mengandung senyawa flavonoid yang tinggi yaitu sebesar 4 persen.Next

Halaman 1 2 3
(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit