detikhealth

Doctor's Life

dr Achmad Hudoyo dan Harapan bagi Para Ustadz di Bulan Puasa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 23/07/2012 10:05 WIB
Halaman 1 dari 3
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Bagi umat Muslim, bulan puasa adalah bulan penuh berkah dan juga harapan-harapan baik untuk masa yang akan datang. Tidak terkecuali bagi dr Achmad Hudoyo, SpP(K) yang punya harapan khusus bagi para ustadz. Harapan apa sajakah itu?

Sebagai ahli paru yang sangat getol mengkampanyekan anti rokok, harapan dr Hudoyo, demikian ia biasa dipanggil, memang tidak jauh-jauh dari urusan berhenti merokok. Menurutnya, kepedulian para ustadz dan alim ulama bisa sangat membantu orang yang ingin berhenti merokok.

"Untuk berhenti merokok, motivasi itu yang utama. Ditambah momen bulan puasa, akan ada poin plus yang membuat orang makin mudah berhenti. Di situ saya berharap para ustadz mau menganjurkan umatnya untuk berhenti merokok," kata dr Hudoyo saat dihubungi detikHealth, Minggu (22/7/2012).

Memang tidak semua orang berhasil menghentikan kebiasaan merokok di bulan puasa. Sebagian hanya berhenti selama bulan puasa saja, tetapi kemudian kambuh lagi dan bahkan ada yang makin parah di bulan-bulan berikutnya kalau motivasinya kurang kuat.

Karena itu dr Hudoyo menilai, peran ustadz dan para alim ulama akan sangat peting dalam menumbuhkan motivasi untuk berhenti merokok agar berlanjut di bulan-bulan berikutnya. Memang tidak harus ustadz, siapa saja termasuk para dokter juga punya kewajiban untuk menumbuhkan motivasi tersebut.

"Dokter-dokter juga saya harap mau ngomong, cukup luangkan waktu 2 menit untuk ngomong. Beri motivasi kepada pasien untuk menjadikan Ramadhan sebagai momen berhenti merokok," lanjut dr Hudoyo.

Momen tumbuhkan empatiNext

Halaman 1 2 3
(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit