detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Anak Kecil Suka Jalan Jinjit Tanda-Tanda Autis?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 24/07/2012 07:42 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Ketika baru bisa berjalan sendiri, anak kecil suka jalan jinjit atau berjalan tertatih dengan telapak kaki bagian depan sebagai tumpuan. Ada yang mengaitkannya dengan gangguan perkembangan neurologis misalnya autis. Benarkah demikian?

Menurut para ahli, lebih dari 50 persen anak kecil pernah berjalan jinjit hingga usia 5 tahun. Namun sebagian besar dari anak-anak ini tidak memiliki gangguan neurodevelopmental atau neuropsikiatri seperti yang ditemukan pada anak-anak autis.

"Faktanya jalan jinjit pada anak Anda bukan tanda-tanda autis. Banyak juga anak yang jalannya jinjit tapi pertumbuhannya normal," kata Jonathan Strober, MD, seorang neurolog anak dari Benioff Children's Hospital seperti dikutip dari WebMD, Selasa (24/7/2012).

Berdasarkan sejumlah penelitian, jalan jinjit memang sering menyertai berbagai gangguan pada anak seperti cerebral palsy dan muscular dystrophy. Namun dalam kebanyakan kasus, jalan jinjit muncul begitu saja tanpa ada gangguan serius yang menyertainya.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Children's National Medical Center di Washington DC menyimpulkan, jalan jinjit pada kebanyakan kasus adalah normal. Hampir semua anak mengalaminya sampai usia tertentu, lalu kebiasaan ini hilang dengan sendirinya.

Fakta lain tentang jalan jinjit yang terungkap dalam penelitian tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Hampir 50 persen anak kecil pernah jalan jinjit pada satu masa dalam hidupnya. Namun pada usia 5,5 tahun, kurang dari setengahnya tidak lagi berjalan jinjit.Next

Halaman 1 2
(up/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit