detikhealth

Wow, Video YouTube Bantu Redakan Vertigo!

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Selasa, 24/07/2012 13:30 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Vertigo adalah salah satu jenis sakit kepala dimana penderita merasakan sensasi seperti segala sesuatu di sekitarnya berputar-putar meskipun sebenarnya penderita tidak bergerak sama sekali atau hanya diam di tempat.

Biasanya kondisi ini tidak tertangani oleh dokter meskipun bisa diredakan dengan mudah dan cepat menggunakan teknik sederhana yang disebut manuver Epley. Sebuah studi baru pun menemukan bahwa video berisi manuver Epley yang diunggah ke situs YouTube bisa jadi menyelamatkan orang-orang yang menderita penyebab utama dari vertigo.

Awalnya studi ini mengamati kondisi yang disebut benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), gangguan telinga dalam yang menjadi penyebab utama vertigo. BPPV terjadi ketika kristal kalsium karbonat pada sel-sel rambut telinga dalam masuk ke dalam tabung penginderaan pada telinga bagian dalam.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, manuver Epley menggunakan gravitasi untuk memindahkan kristal kalsium keluar dari tabung penginderaan dan masuk ke dalam bagian telinga dalam lainnya yang tidak menyebabkan munculnya gejala-gejala vertigo.

Tim peneliti pun menemukan bahwa demonstrasi video manuver Epley ini ternyata telah tersedia di YouTube.

"Senang mengetahui jika salah satu video yang jadi hit itu ternyata dikembangkan oleh American Academy of Neurology ketika mempublikasikan panduan manuver Epley pada tahun 2008 lalu seseorang mem-posting-nya di YouTube. Beruntung sebagian besar video itu mendemonstrasikan manuvernya secara akurat," kata peneliti Dr. Kevin Kerber dari University of Michigan Health System di Ann Arbor.

Peneliti juga menemukan beberapa komentar di video tersebut yang menunjukkan bahwa penyedia layanan kesehatan juga menggunakan video tersebut untuk mengobati penderita BPPV atau membantu pasien mempelajari manuver Epley.

"Namun satu hal yang kurang dari video ini adalah tidak dicantumkannya informasi tentang bagaimana mendiagnosis BPPV dan sejumlah komentar mengindikasikan bahwa orang-orang yang tidak mengalami BPPV bisa jadi mencoba manuver ini untuk mengatasi sakit kepala yang disebabkan hal lainnya. Namun terlepas dari itu semua, kami pikir menarik menggunakan YouTube untuk menyebarkan informasi tentang manuver ini dan memberitahukan kepada sejumlah orang tentang bagaimana cara mengobati gangguan ini," terang Kerber seperti dilansir dari HealthDay, Selasa (24/7/2012).

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Neurology.
 
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit