detikhealth

Kurma dan Tebu Penting untuk Ibu Hamil

Linda Mayasari - detikHealth
Rabu, 25/07/2012 17:54 WIB
Kurma dan Tebu Penting untuk Ibu Hamililustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Wanita hamil memerlukan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan bayi seperti folat, serat dan zat besi. Anda dapat memperoleh nutrisi tersebut dari makanan-makanan yang mungkin sering Anda hindari seperti daun bawang dan kemangi.

Berikut adalah 8 jenis makanan mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan seperti kurma dan tebu yang dilansir dari fitpregnancy, Rabu (25/7/2012):

1. Buah kurma

Dalam 1 cangkir buah kurma atau sekitar 8 biji, mampu menyumbangkan 5 gram serat. Meskipun mengandung gula dalam jumlah yang tinggi, tetapi kurma juga mengandung kalsium, fosfor, kalium dan magnesium. Hal ini penting untuk perkembangan pembentukan gigi di bawah gusi pada bayi yang masih dalam kandungan.

Buah kurma juga merupakan sumber zat besi yang baik. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, terutama selama kehamilan karena meningkatnya volume darah dan tuntutan perkembangan bayi untuk memproduksi jutaan sel darah merah. Selain itu, kurma juga mengandung vitamin K yang diperlukan untuk pembentukan darah dan tulang.

2. Daun bawang

Daun bawang seringkali hanya dijadikan hiasan makanan dan cenderung diabaikan. padahal, daun bawang merupakan sumber folat, zat besi, serat, vitamin C, vitamin B6, kalsium dan magnesium.

Asam folat merupakan nutrisi yang paling penting pada trimester pertama kehamilan. Tanpa folat, bayi Anda dapat memiliki peningkatan risiko cacat struktural yang bisa berakibat fatal. Magnesium juga membantu meringankan sembelit, gejala yang umum selama kehamilan.

3. Kacang pinto

Kacang pinto, sejenis kacang tanah yang berukuran lebih kecil dan berbagai jenis kacang lain pada umumnya mengandung serat, zat besi, kalsium dan fosfor. Zat besi penting untuk membuat hemoglobin, zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru Anda kepada bayi Anda. Fosfor dan kalsium berguna untuk memastikan bahwa tulang bayi dan gigi tumbuh dengan sehat.

Salah satu strategi terbaik untuk membantu menghindari mual dan muntah selama trimester pertama adalah untuk menjaga perut Anda merasa puas dan penuh. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi dapat membantu Anda mengurangi gejala morning sickness.

4. Biji labu

Ketika rahim Anda tumbuh selama masa kehamilan, otot punggung, perut dan pinggul memerlukan kekuatan ekstra untuk meregang. Biji labu mengandung protein dalam jumlah yang tinggi. Makan makanan yang mengandung protein yang tinggi membuat otot-otot dapat bekerja lebih baik.

Satu porsi biji labu juga mengandung lebih dari 25 persen dari asupan magnesium harian yang direkomendasikan. Hal ini membantu mempercepat kemampuan Anda untuk menggunakan karbohidrat, lemak dan protein sebagai sumber energi.

5. Biji wijen

Biji wijen mengandung asam lemak omega-6 yang dibutuhkan untuk integritas sel yang tepat, fungsi sistem saraf yang sehat dan kekebalan tubuh. Perkembangan kelenjar susu, plasenta dan rahim juga tergantung pada tingkat kecukupan lemak sehat dalam tubuh Anda.

Biji wijen juga merupakan sumber yang baik dari thiamin, fosfor dan mangan yang diperlukan untuk perkembangan bayi yang sehat.

6. Kemangi

Kemangi adalah makanan super untuk kehamilan yang mengandung vitamin E, riboflavin, niasin, serat makanan, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga dan mangan. Kemangi juga dikemas dengan kandungan zat besi yang penting untuk menjaga tingkat energi Anda.

7. Ikan herring

Ikan herring mengandung 2 gram asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang merupakan salah satu konsentrasi tertinggi dari kandungan minyak ikan pada makanan laut lainnya. Janis ikan ini juga aman dari tingkat kontaminan seperti merkuri yang berbahaya bagi ibu hamil.

DHA selama kehamilan dapat mendukung perkembangan otak di dalam rahim. Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita yang mengandung minyak ikan dalam tingkat yang tinggi dalam darah memiliki bayi dengan pola tidur yang lebih baik dalam 48 jam pertama setelah melahirkan.

Para ahli telah memperkirakan bahwa tidur bayi pada awal kelahiran mencerminkan kematangan sistem saraf, sehingga menambahkan ikan ke dalam diet Anda dapat membantu otak bayi Anda matang.

8. Sirup tetes tebu

Tetes tebu atau yang dikenal dengan molases memiliki rasa yang manis yang lengket. Molases memiliki beberapa gizi tersembunyi, termasuk magnesium, mangan dan vitamin B6. Mangan merupakan mineral penting yang berperan dalam pembangunan tulang bayi yang normal. Cukup satu sendok amkan sehari untuk memperoleh manfaat sehat molases.

Vitamin B6 berperan sebagai cadangan natrium-fosfor yang menentukan seberapa banyak air yang ada dalam tubuh Anda. Dan kalium adalah mineral lain yang terlibat dalam retensi air. Mendapatkan cukup vitamin B6 dan potasium dapat membantu Anda mengecilkan bengkak kaki dan pergelangan kaki yang sering terjadi pada kebanyakan orang hamil.


(ir/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit