detikhealth

Ulasan Khas Misteri Mati Suri

Mati Suri, Saat Kematian Belum Benar-benar Tiba

Irna Gustia - detikHealth
Rabu, 01/08/2012 07:47 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Hal yang paling menakutkan manusia adalah kematian karena datangnya kematian tidak pernah dipersiapkan.

Setelah kematian, cerita hidup manusia tersebut berakhir, tapi ada beberapa orang yang masih bisa hidup setelah mengalami mati sejenak atau mati suri. Bagaimana orang-orang ini bisa bangun kembali dari mati suri semuanya masih misteri.

"Pengalaman mati suri memang tidak dapat disamakan dengan kematian yang sesungguhnya tetapi paling tidak dapat menguak sebagian misteri kematian dari orang-orang yang pernah menjelajah ke alam sana, apabila Anda mempercayai yang mereka alami," kata Psikolog Sosial Rubiana Soeboer seperti dilansir dari bukunya 'Mati Suri', Rabu (1/8/2012).

Kasus-kasus kenapa orang yang sudah secara medis dinyatakan meninggal, kemudian dalam beberapa menit bisa hidup lagi adalah sesuatu yang sulit dijelaskan secara ilmiah.

Secara medis seperti dilansir mayoclinic proses kematian terjadi dimulai ketika tubuh tidak bisa mendapatkan asupan oksigen yang diperlukan untuk bisa bertahan hidup. Lalu sel-sel di tubuh mulai mati satu per satu karena kekurangan oksigen. Jika asupan oksigen berkurang maka akan mengakibatkan kematian sel dalam waktu 3-7 menit saja.

Kematian akan semakin mendekat jika kaki dan tangan terasa dingin dan mulai sedikit membiru akibat terhentinya aliran darah ke daerah tersebut. Tapi lama-kelamaan akan semakin menyebar ke bagian tubuh atas seperti lengan, bibir dan kuku. Saat itulah orang menjadi tidak responsif, meskipun matanya terbuka tapi tatapan matanya kosong atau tidak melihat sekelilingnya.

Setelah itu pernapasan akan terhenti sama sekali dan diikuti oleh berhentinya kerja jantung, maka secara klinis orang tersebut sudah mati karena tidak ada sirkulasi dan cadangan oksigen untuk bisa mencapai sel-sel di tubuh.Next

Halaman 1 2
(ir/mer)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit