detikhealth

Sedot Lemak Bukan untuk Kurus, Tapi Bikin Lekuk Tubuh Ideal

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 01/08/2012 18:51 WIB
Sedot Lemak Bukan untuk Kurus, Tapi Bikin Lekuk Tubuh IdealIlustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Banyak orang yang melakukan sedot lemak (liposuction) dengan tujuan berat badannya berkurang atau menjadi kurus. Hal ini sebenarnya salah, karena tujuan dari sedot lemak adalah untuk membentuk lekuk tubuh jadi ideal.

Liposution atau dikenal dengan sedot lemak merupakan suatu tindakan bedah plastik dengan cara menyedot lemak pada area tertentu di tubuh yang tidak dapat dihilangkan dengan melakukan olahraga.

"Liposuction goalnya bukan jadi kurus atau berat badan turun, tapi membentuk badan sehingga lekuk tubuh jadi ideal," ujar dr Teuku Adi Fitrian, SpBP dari Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah dalam acara Tingkatkan Kualitas Hidup dengan Bedah estetik & Rekonstruksi di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (31/7/2012).

Dokter yang akrab disapa Tompi ini menuturkan kebanyakan orang berpikir dengan melakukan liposuction maka ia bisa mendapat berat badan ideal sesuai dengan keinginannya. Namun sayangnya paradigma ini keliru karena tujuan utama liposuction adalah membentuk tubuh dan bukan berfokus pada penurunan berat badan dalam kilogram.

Teknik atau prosedur ini dapat dilakukan di beberapa bagian tubuh seperti area paha, pinggul, bokong atau pantat, perut, pinggang, lengan atas, punggung, dada, dagu dan juga leher.

Keuntungan dari teknik ini hanya meninggalkan bekas luka minimal, waktu yang dibutuhkan per regio (area) sekitar 15 menit sampai 1 jam dan bisa langsung pulang. Tapi kalau seluruh tubuh maka biasanya perlu dirawat di rumah sakit.

"Setelahnya perlu baju ketat seperti korset untuk jangka waktu tertentu, bisa beraktivitas ringan misalnya boleh langsung ngantor, tapi kalau olahraga berat baru boleh setelah 1 bulan," ujar dr Tompi yang juga dikenal sebagai penyanyi ini.

Tujuan membentuk tubuh ideal ini juga menjadi target dari tindakan bedah plastik estetika tummy tuck yang mana membuang kelebihan lemak, kulit dan pada beberapa kasus dibutuhkan pengencangan otot perut.

"Tummy tuck biasanya dilakukan untuk kasus kelebihan kulit atau otot kendur misalnya setelah melahirkan untuk kesekian kali. Prosedur ini membutuhkan bius umum dan 3 hari pasca prosedur bisa beraktivitas," ungkapnya.

Indikasi dari tindakan tummy tuck biasanya diambil apabila kondisi lemak menumpuk dan diperparah dengan otot dinding perut yang kendor serta meregang. Jika kelebihan kulitnya tidak terlalu besar maka bisa dilakukan mini tummy tuck.

"Lipusuction dan tummy tuck bukan bikin kurus tapi membentuk lekuk tubuh, karena kalau mau kurus harus diet dan olahraga. Jadi orang boleh gemuk tapi nggak bulat karena ada lekuk tubuhnya," ujar dr Tompi.




(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit