detikhealth

Umurnya Baru 15 Tahun Tapi Wajah dan Tubuhnya Sudah 45 Tahun

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jumat, 03/08/2012 16:36 WIB
Halaman 1 dari 3
Zara Hartshorn (dok. mirror.co.uk)
Jakarta, Giginya sudah mulai tanggal dan harus mendapatkan suntikan kolagen untuk mengurangi keriput di wajahnya. Tapi siapa sangka bahwa Zara Hartshorn yang terlihat seperti wanita 45 tahun baru menginjak remaja dan usianya baru 15 tahun.

Zara Hartshorn (15 tahun) menderita Lipodistrofi, kondisi genetik yang membuat tulangnya meluruh dan menghancurkan jaringan lemak di permukaan kulit, sehingga menyebabkan penuaan dini.

Tapi Zara tak sendiri. Dalam satu keluarga, ibunya Tracey (41 tahun) dan kakaknya Jolene (23 tahun) juga menderita penyakit yang sama. Namun meski mendapat dukungan di rumah, Zara sering menjadi bahan ledekan.

Penyakit langka ini tak dapat disembuhkan dan membuat Zara tampak puluhan tahun lebih tua dari teman-teman sebayanya di sekolah.

Tumbuh dengan Lipodistrofi telah membuat hidup Zara benar-benar berat. Anak-anak mulai bersikap kejam padanya. Di sekolah pun ia sering menjadi bahan olokan, dipanggil 'wajah kendur' atau 'nenek'.

Di awal-awal masa sekolah, ia sering ditolak bus sekolah karena tak bisa membuktikan diri bahwa ia memenuhi syarat untuk tiket anak. Tak hanya itu, guru di sekolah pun tak percaya bahwa usianya masih belia karena wajah dan tubuhnya memang tampak sudah sangat tua.

Kini Zara memilih untuk menjelaskan tiap kali ada orang yang meragukan usianya. Ini dilakukannya untuk menentang bully dan meningkatkan kesadaran akan kondisinya.Next

Halaman 1 2 3
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit