Hidung Elektronik Bantu Temukan Tumor Mematikan

Linda Mayasari - detikHealth
Jumat, 03/08/2012 17:00 WIB
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Baru-baru ini sebuah penelitian telah merancang sebuah alat berupa hidung elektronik yang dapat membantu mendiagnosis tumor kanker. Hidung elektronik tersebut dapat mendeteksi keberadaan tumor dengan tes napas.

Perangkat tersebut dapat mengenali mesothelioma ganas sejak dini. Mesothelioma ganas adalah tumor kanker pada lapisan rongga paru-paru dan dada atau selaput perut (peritoneum) yang disebabkan oleh paparan jangka panjang asbes.

Mesothelioma ganas adalah tumor langka yang sulit didiagnosis pada stadium awal. Diagnosa mesothelioma ganas menggunakan teknik konvensional tidak menunjukkan hasil yang akurat, invasif dan sulit dilakukan bagi kebanyakan pasien usia lanjut.

Kanker jenis ini jarang sekali terjadi tetapi jika terjadi akan sangat fatal. Penyakit terkait asbes mempengaruhi ribuan orang, dan menyebabkan kematian terhadap 20.000 orang di seluruh dunia setiap tahunnya, seperti dilansir health.india, Jumat (3/8/12).

Perangkat hidung elektronik ini dirancang untuk membedakan antara penyakit jinak dan ganas dan untuk mendeteksi penyakit sejak dini.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Deborah Yates menganalisa sampel napas dari 20 penderita mesothelioma ganas, bersama dengan 18 orang dengan penyakit terkait asbestos dan 42 subyek sehat. Hasilnya menunjukkan keakuratan hingga 88 persen dalam mengenali penyakit mesothelioma ganas pada para penderitanya.

Hidung elektronik terdiri dari berbagai polimer karbon elektronik yang dapat membedakan kondisi kesehatan peserta penelitian melalui hembusan napas yang diterjemahkan ke dalam alat skrining.

Orang yang berisiko tinggi terhadap mesothelioma ganas pun dapat didiagnosa secara dini dengan menggunakan perangkat ini.




(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit