detikhealth

Olahraga Saja Tak Cukup, Lakukan Ini Juga Biar Panjang Umur

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 06/08/2012 06:59 WIB
Olahraga Saja Tak Cukup, Lakukan Ini Juga Biar Panjang Umurilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Salah satu cara terbaik untuk tetap sehat dan panjang umur adalah berolahraga secara teratur. Namun kadang itu saja tidak cukup, harus ditunjang dengan diet dan tips-tips sederhana yang dalam keseharian sering terlupakan manfaatnya.

Beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari untuk menjaga tubuh tetap sehat dan panjang umur adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Rodale, Senin (6/8/2012).

1. Mendaki gunung
Berada di alam bebas adalah cara alami melepaskan stres dan efek relaksasinya terbukti bagus untuk daya tahan tubuh. Para ilmuwan di Jepang bahkan mulai merekomendasikan 'terapi hutan' untuk meningkatkan kesehatan. Cukup dengan 6 jam menjelajah gunung atau hutan, efek relaksasinya bisa bertahan hingga 30 hari sesudahnya.

2. Temui sahabat secara teratur
Sebuah penelitian di Journal of Epidemology and Community Health membuktikan, punya seorang Best Friend Forever (BFF) atau sahabat terbaik sepanjang masa sangat bermanfaat untuk mencegah kematian dini.

Diyakini karena bertemu dan bercerita dengan sahabat minimal seminggu sekali bisa melawan efek depresi, menularkan kebiasaan-kebiasaan baik dan membunuh rasa kesepian.

3. Lampiaskan kemarahan dengan meninju sesuatu
Menurut Jurnal Psychosomatic Medicine, kemarahan yang dipendam bisa menyebabkan susah tidur yang berdampak pada peningkatan tekanan darah, risiko depresi dan kesehatan secara umum. Meninju sesuatu, terbukti isa melampiaskan amarah secara efektif dan bisa meningkatkan kualitas idur.

Pilih benda yang aman untuk ditinju misalnya sansak, bantal guling atau pohon pisang. Jangan sekali-sekali meninju orang lain karena dipastikan hal itu justru akan menambah masalah baru.

4. Bersih-bersih rumah setiap hari
Penelitian membuktikan bahwa aktivitas fisik seringan apapun, termasuk bersih-bersih rumah secara rutin setiap hari bisa meningkatkan kebugaran sekaligus memperpanjang usia. Bukan itu saja, menurut jurnal Psychological Science aktivitas ini terbukti bisa meningkatkan mood
atau suasana hati, sehingga seseorang cenderung lebih murah hati, sering menyumbang dan ikut kegiatan sosial.

5. Lepas alas kaki di dalam rumah
Setelah rumahnya bersih, sekarang tinggalkan alas kaki di luar rumah. Nyeker alias telanjang kaki di dalam rumah jauh lebih sehat karena sebenarnya alas kaki merupakan salah satu sumber penyebaran racun di dalam rumah. Pestisida, logam berat dan bahan kimia lainnya sering terbawa oleh alas kaki saat dibawa berjalan-jalang di luar rumah.

Menurut penelitian, melepas alas kaki saat berada di dalam rumah bisa mengurangi dampak keracunan bahan-bahan kimia dari lingkungan. Atau paling tidak, lantai rumah tidak cepat kotor lagi sehingga lebih aman kalau sewaktu-waktu menjatuhkan makanan lalu ingin diambil lagi untuk dimakan.


(up/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit