detikhealth

Nasi yang Tak Terlalu Lengket Masih Aman Buat Penderita Diabetes

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Selasa, 07/08/2012 07:06 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Berlawanan dengan kepercayaan awam, sebuah penelitian di Manila menemukan bahwa makan nasi tidak melulu dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Peneliti menemukan bahwa beberapa varietas padi aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan tidak memicu diabetes.

Penelitian ini dipublikasikan bulan ini dalam jurnal Rice oleh International Rice Research Institute (IRRI) di Filipina dan Australia's Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO).

Hasilnya menemukan bahwa sebanyak tiga perempat dari 235 varietas padi yang dianalisis memiliki indeks glikemik rendah sampai menengah. Oleh karena itu, kecil kemungkinannya beras-beras tersebut dapat menyebabkan diabetes.

Indeks glikemik mengukur pengaruh karbohidrat terhadap tingkat gula darah. Indeks glikemik rendah menunjukkan karbohidrat dari makanan lebih lambat diserap sehingga menyebabkan pelepasan gula secara bertahap dalam tubuh dan rendahnya risiko diabetes.

Dokter sering menyarankan penderita diabetes untuk menghindari nasi karena diyakini indeks glikemiknya terhitung tinggi.

"Temuan ini dapat memiliki implikasi penting bagi negara-negara Asia di mana beras merupakan makanan pokok bagi 3,5 miliar orang penduduk dan diabetes merupakan masalah kesehatan bagi masyarakat berkembang. Dengan atau tanpa diabetes, akan sulit bagi mereka untuk tidak mengkonsumsi beras," kata Melissa Fitzgerald, peneliti dari IRRI seperti dilansir SciDev.net, Selasa (7/8/2012).Next

Halaman 1 2
(pah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit