detikhealth

Saraf Penggerak Jantung Bermasalah, Bisakah Normal Lagi?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 07/08/2012 10:29 WIB
Saraf Penggerak Jantung Bermasalah, Bisakah Normal Lagi?ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Dokter saya mempunyai masalah gangguan pada jantung, yaitu RBBB yang saya ketahui pada medical chek-up baru-baru ini. Tetapi setelah saya cari tahu lebih jauh ternyata yang bermasalah adalah saraf penggerak denyut jantung dan itu merupakan bawaan lahir.

Bagaimana saya mengatasi dan mengurangi problem saya ini? Dan apakah saraf penggerak jantung ini bisa diperbaiki supaya normal dok?

Hexa (Laki-laki Lajang, 26 Tahun), hexalXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 171 Cm, Berat Badan 58 Kg

Jawaban

Dear Hexa,

Jantung bawaan lahir ada yang bisa disembuhkan dan ada juga yang tidak. Kami tidak mengetahui termasuk jenis penyakit jantung bawaan lahir mana yang Anda miliki. Untuk itu terlebih dahulu kami ingin melihat hasil pemeriksaan kesehatan jantung Anda.

RBBB (Right Bundle Branch Block) adalah pola yang terlihat pada electrocardiogram (ECG) yang terjadi ketika impuls listrik jantung terganggu. Umumnya frekuensi ini meningkat seiring bertambahnya usia.

Jika memiliki RBBB, maka hal yang paling penting diketahui adalah apakah ada kondisi jantung atau paru-paru yang mendasarinya. Jika memang tidak ada kondisi medis tertentu, maka RBBB yang dimiliki kemungkinan jinak atau tidak berbahaya.

RBBB sering terjadi pada setiap kondisi yang bisa mempengaruhi ventrikel kanan. Kondisi ini termasuk penyakit arteri koroner, miokarditis (radang otot jantung), atrial septal defect, ventricular septal defect, dan gangguan pada katup jantung. Untuk itu penanganannya pun spesifik dilihat dari kondisi medis yang mendasarinya.

Jika ada yang masih ingin ditanyakan mengenai penyakit jantung atau ruang dada, bisa menghubungi kami atau membuat janji sehari sebelumnya untuk datang ke kantor dan berkonsultasi dengan dokter kami dengan membawa data pemeriksaan kesehatan jantung Anda. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi
Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72,Slipi.Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit