detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Pantesan Susah Sembuh, Ternyata Gampang Pingsan Itu Genetik

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 07/08/2012 14:11 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Beberapa orang mudah sekali pingsan saat kepanasan atau sedang menahan emosi yang meluap-luap. Sifat ini bisa jadi merupakan bawaan lahir, sebab menurut penelitian penyebabnya adalah faktor genetik yang tidak mungkin disembuhkan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology awal bulan ini membuktikan bahwa pingsan atau disebut juga vasovagal syncope sangat dipengaruhi oleh genetik. Pemicunya bisa bermacam-macan seperti emosi dan kepanasan, tetapi genetik ikut berperan di dalamnya.

Hal itu dibuktikan dalam pengamatan terhadap 51 pasangan kembar yang diwawancarai melalui telepon. Pada pasangan kembar yang berasal dari sel telur yang sama, jika salah satu memiliki sifat gampang pingsan maka yang lain juga cenderung memiliki sifat yang sama.

Berbeda ketika pasangan kembar itu berasal dari dua sel telur berbeda, atau disebut freternal twins. Meski salah satu di ataranya gampang pingsan karena sebab-sebab tertentu, belum tentu pasangan yang satunya juga mudah pingsan meski berada dalam situasi dan kondisi yang sama.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa pingsan memiliki komponen genetik yang kuat. Selain itu, ada banyak gen dan juga banyak komponen lingkungan yang mempengaruhinya," kata Samuel F Berkovic, MD, FRS dari University of Melbourne seperti dikutip dari Sciencedaily, Selasa (7/8/2012).

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pemicu utama orang pingsan adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi ini sering terjadi saat orang beralama-lama berada di tempat yang panas, misalnya saat mengikuti pawai atau upacara bendera.

Sebelum benar-benar jatuh karena kehilangan kesadaran, biasanya ada beberapa gejala yang bisa dirasakan. Kepala terasa pusing dan melayang-layang, mata berkunang-kunang serta wajah tampak pucat merupakan gejala yang sering ditemukan pada orang sesaat sebelum pingsan.

(up/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit